Atasan yang Baik, Ini Tips Bantu Karyawan untuk Hilangkan Stres

Salah satu penyebab stres yang dirasakan pekerja adalah faktor bos atau atasan. Padahal, penting untuk membangun hubungan yang baik antara pekerja dengan atasan agar hasil pekerjaan lebih memuaskan.

Sebagai atasan, sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu karyawan mengatasi stres akibat pekerjaan, seperti dikutip dari laman Entrepreneur, Selasa (10/10/2017).

1. Ciptakan suasana kerja yang fleksibel

Memiliki karyawan yang loyal merupakan hal penting bagi perusahaan karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak untuk melatih karyawan baru.

Sayangnya, seringkali lingkungan pekerjaan yang tidak nyaman membuat pekerja memilih mencari pekerjaan baru dan meninggalkan Anda.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk menciptakan lingkungan kerja yang fleksibel agar karyawan merasa betah bekerja dengan Anda.

2. Ungkapkan tujuan yang akan dicapai

Penting untuk bersikap transparan mengenai tujuan bisnis dan bagaimana peran pekerjaan mendukung tujuan ini. Hal ini memberi ketenangan kepada karyawan karena mereka tahu apa yang perlu mereka fokuskan dan alasan untuk melakukannya.

Sebaiknya Anda menetapkan tiga sampai lima sasaran strategis di awal setiap tahun. Pastikan untuk melibatkan karyawan Anda dalam mengembangkan tujuan ini sehingga mereka merasa menjadi bagian dari proses tersebut.

Selain itu penting untuk menjelaskan kinerja karyawan agar mereka mengetahui apakah yang mereka kerjakan sudah mencapai target atau belum.