Begini Cara Khofifah Pilih Pendamping di Pilgub Jatim 2018

Khofifah Indar Parawansa mendapat keleluasaan memilih sendiri pasangan yang akan mendampinginya maju di Pilgub Jatim 2018. Menteri Sosial ini berencana meminta saran kepada 100 kiai di Jatim.

“Alhamdulillah masingmasing (partai) tidak mempersyaratkan bahwa calon wakilnya dari partai yang bersangkutan. Jadi komunikasi dari ketua umum partai juga sangat penting,” jelas Khofifah di Kantor DPP Partai Nasdem, Jalan RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2017).

Khofifah bukan kali pertama bertemu para kiai menjelang Pilgub Jatim. Beberapa waktu lalu, ia juga bertemu dengan para kiai di Tebu Ireng, Jombang.

Kala itu, pertemuan dipimpin Kiai Salahudin Wahid. Menurut Khofifah, pertemuan bersama para kyai yang akan datang dilaksanakan pada Minggu 15 Oktober 2017 nanti.

Masukan para kiai akan menjadi bahan pertimbangan bersama, dikombinasikan dengan masukan partai pengusung. Bagi Khofifah, peran kyai sangat penting dalam menentukan sosok terbaik yang akan ikut dicalonkan memegang amanah warga Jawa Timur.

Ia juga mengapresiasi sikap partai pengusung yang turut mendukung langkah tersebut.

“Mereka memberikan kesempatan kepada saya untuk mengkomunikasikan dengan beberapa elemen yang signifikan di Jawa Timur untuk memberikan pertimbangan, siapa yang akan disiapkan menjadi calon wakil gubernurnya,” Khofifah menandaskan.