Siapkan iPhone Lipat, Apple Gandeng LG?

Apple sedang menyiapkan desain baru untuk smartphone besutannya. Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu dilaporkan menjalin kerjasama dengan LG Display untuk bisa membuat iPhone dilipat.

Dilansir GSM Arena, Minggu (15/10/2017), laporan tentang kerjasama kedua perusahaan ini berasal dari Korea Selatan. Menurut sumber, iPhone lipat tersebut rencananya akan meluncur pada 2020.

Apple tidak hanya bekerja dengan divisi layar LG untuk merealisasikan proyek tersebut, tapi dengan dengan manufaktur lain seperti LG Innotek. Salah satu anak usaha LG tersebut dilaporkan memiliki sebuah tim yang mengembangkan papan sirkuit fleksibel untuk perangkat semacam itu.

Lebih lanjut, sejumlah sumber mengatakan bahwa LG Display akan memproduksi panel OLED yang bisa dilipat untuk iPhone. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu disebut telah menyelesaikan prototype pertamanya dua atau tiga tahun lalu dan sejak itu terus berusaha meningkatkan daya tahan dan tingkat produksinya.

Kerjasama ini dinilai cukup menarik, terlebih mengenai alasan Apple tidak bekerjasama dengan Samsung untuk iPhone lipat. Pasalnya, panel OLED yang digunakan oleh iPhone X merupakan hasil produksi Samsung Display.

Apple diduga mengkhawatirkan teknologi miliknya akan diketahui oleh Samsung, yang merupakan rival utamanya saat ini di pasar smartphone. Ketimbang bekerjasama dengan Samsung, Apple pun merasa kerjasama dengan LG akan jauh lebih aman.

Samsung sendiri diprediksi akan terus menjadi pemasok utama panel OLED untuk iPhone sampai tahun depan, sebelum berbagi porsi dengan LG pada 2019. LG akan mulai memasok panel OLED untuk Apple begitu pabrik baru di Paju, Provinsi Gyeonggi, sudah bisa digunakan.

Apple dilaporkan menawarkan investasi langsung untuk pabrik tersebut demi mengurangi ketergantungan pada Samsung Display secepat mungkin. Menurut laporan, LG Display dan Apple telah mencapai kesepakatan mengenai investasi tersebut, tapi kepastian soal rinciannya masih didiskusikan.