Ingin Rumah Bebas Bau Tak Sedap? Intip 3 Tips Berikut ini

Rumah adalah tempat setiap orang untuk pulang dan mendapatkan kenyamanan. Setelah penat karena aktifitas seharian di luar rumah, pulang ke rumah untuk melepas lelah adalah hal yang paling diinginkan. Namun apa jadinya ketika Anda masuk ke rumah langsung tercium bau tak sedap?

Kondisi rumah yang nyaman bukan hanya karena interiornya yang bagus terlihat, namun kondisi sirkulasi udara harus terasa segar saat dihirup.

Jika rumah menyebarkan bau tak sedap tentu harus segera diatasi agar kenyamanan bisa kembali dirasakan dan penghuni rumah betah tinggal di dalamnya. Untuk mengatasi bau tak sedap yang tercium di dalam rumah, Anda harus mencari terlebih dahulu dari mana sumber bau tak sedap itu berasal. Jika sumber bau sudah ditemukan, dilansir dari laman freshome , ada 3 tips yang bisa dilakukan untuk menjaga udara rumah tetap segar dan tidak bau.

Atasi Bau Apek

Ketika Anda berada di dalam ruangan dan mencim bau apek, bisa jadi ini disebabkan oleh usia rumah yang sudah tua atau perabotan di sekeliling rumah yang sudah lapuk. Solusi mengatasi bau apek ini Anda bisa mengganti kayu yang mulai lapuk atau keropos dengan memasang kayu baru. Disamping untuk mengatasi bau, cara ini juga demi keamanan penghuni rumah dari resiko kayu yang roboh. Mengecat dinding dengan cat baru, mencuci karpet dan tirai jendela atau mengecat kembali furnitur lama juga bisa dilakukan untuk mengatasi bau apek.

Perbaiki Sirkulasi Udara

Aktifitas memasak di dalam rumah dengan asap dan bahan makanan yang menyisakan aroma tertentu, juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam rumah. Aktifitas ini tentu menjadi aktifitas yang dilakukan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan makan penghuni rumah. Belum lagi jika ada yang merokok di dalam rumah, semua asap dari beragam aktifitas ini akan membuat penghuni rumah menjadi tidak nyaman tinggal di dalam rumah akibat asap yang menumpuk.

Bukan berarti Anda tidak boleh memasak agar tidak menimbulkan bau dalam rumah, tetapi perlu untuk mengatur kembali sirkulasi udara di dalam rumah agar udara rumah bisa berganti dengan yang lebih segar.

Di dapur Anda bisa sediakan lubang udara untuk asap dari kompor. Jika memungkinkan Anda juga bisa membuat jendela dekat dapur agar udara segar lebih mudah didapatkan dengan membuka jendela. Jangan lupa segera buang sisa sampah dari dapur agar sampah dapur tidak menyebarkan bau ke sekeliling rumah. Selain itu ada baiknya tidak merokok di dalam rumah, karena residu asap rokok akan mengendap di manapun dia menempel dan baunya akan bertahan dalam waktu yang lama.

Rajin BersihBersih

Setelah masalah bau teratasi jadwalkan untuk bersihbersih secara teratur mulai dari seprei, taplak meja, peralatan makan yang habis dipakai, sepatu, pakaian, bahkan penghuni rumah sekalipun juga harus segera mandi setelah berkeringat akibat aktifitas di luar, agar bau badan tidak menyebar ke sekeliling rumah. Jika Anda ingin indra penciuman Anda dimanjakan dengan bau yang harum, Anda bisa memasang pengharum ruangan di sudut tertentu. Rumah yang memiliki udara segar tentu akan memberi kenyamanan bagi penghuni rumah. Karenanya meluangkan waktu untuk bersihbersih, agar sirkulasi udara tetap segar dan terhindar dari bau tak sedap.