Tidak Ada Recall Terkait Skandal Kobe Steel

Terkait dengan pemalsuan spesifikasi aluminium dan tembaga yang dilakukan oleh pabrikan baja asal Jepang, Kobe Steel, pabrikan otomotif asal Jepang yang menggunakan bahan metal dari Kobe Steel mengungkapkan hal tersebut tidak berdampak besar terhadap keselamatan produknya.

Hal itu sudah dikonfirmasi oleh empat pabrikan asal Jepang, yaitu Toyota, Honda, Nissan, dan Mazda. Demikian seperti dilansir Carscoops, Selasa (24/10/2017).

Toyota mengatakan bahan aluminium yang digunakan di luar spesifikasi yang diminta, tapi masih dalam standar keselamatan.

“Kami konfirmasikan materialnya masih memenuhi standar secara umum, dan standar kami, baik secara keselamatan dan daya tahan,”ungkap Toyota.

Dengan demikian, pabrikan asal Jepang tersebut tidak akan melakukan recall terkait dengan penggunaan bahan dari Kobe Steel. Selain empat pabrikan asal Jepang yang sudah menyatakan tidak terkena dampak besar dari Kobe Steel, perusahaan lain seperti Subaru masih menyelidiki dampaknya terhadap mobilmobilnya.

Dilansir Japantimes, salah satu pemicu terjadinya perbedaan spesifikasi dengan kondisi nyata adalah kurangnya sistem komputerisasi yang diterapkan di pabrik Kobe Steel. Sistem inspeksi yang belum mengadopsi sistem komputerisasi menjadi kesempatan bagi orang untuk memalsukan data inspeksi, ungkap Kobe Steel.

Saat ini Kobe Steel mengadakan investigasi internal untuk mengetahui akar masalah, serta mengukur seberapa besar dampak dari skandal ini.