Pegawai Curhati Sri Mulyani, Tak Tidur 3 Hari demi Nota Keuangan

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggelar acara Family Gathering 2017 sekaligus perayaan Hari Oeang ke71. Dalam acara ini, para pegawai Kemenkeu yang telah lama mengabdi berkesempatan untuk berbincang secara langsung dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Salah satunya Mulyadi, yang bertugas mencetak buku dan keperluan lain untuk kegiatankegiatan yang diikuti oleh Kemenkeu, termasuk mencetak buku Nota Keuangan setiap tahunnya.

Ketika ditanya Sri Mulyani sudah berapa lama bekerja di Kemenkeu, Mulyadi mengatakan, dirinya sudah bekerja lebih dari 30 tahun lalu, tepatnya saat era Menteri Keuangan Ali Wardhana yang menjabat pada periode 19681983.

“Sudah ‎30 tahun (bekerja), ‎sejak Pak Ali Wardhana. Terus saya 30 tahun itu khusus cetak nota keuangan, APBN, RUU Perbankan, RKKN,” ujar Mulyadi di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Sabtu (28/10/2017).

Kemudian Sri Mulyani juga bertanya soal suka duka selama bekerja di Kemenkeu, termasuk momen paling menegangkan saat bekerja mencetak buku.

“Yang paling menegangkan waktu apa Pak?,” kata Sri Mulyani.

Mulyadi mengatakan, yang paling menegangkan yaitu dalam dua tahun terakhir atau saat Kemenkeu di bawah kepemimpinan Sri Mulyani. Contohnya saat dirinya harus mencetak buku Nota Keuangan 2017 dan hanya diberikan waktu 3 hari. Alhasil, Mulyadi terpaksa tidak tidur selama 3 hari agar cetakan Nota Keuangan tersebut selesai tepat waktu.

“(Paling menegangkan saat Nota Keuangan 2017?) Iya, karena Ibu kasih waktunya 3 hari untuk saya. Saya kerjakan siang malam tanpa tidur,” ungkap Mulyadi.

Mendengar usaha yang telah dilakukan pegawainya, Sri Mulyani meminta maaf dan berharap Mulyadi paham akan risiko dari pekerjaannya. Namun, sambil bercanda, Sri Mulyani kembali bertanya apakah pegawainya tersebut siap bila kembali diminta bekerja selama 3 hari tanpa tidur.

‎”Oh tanpa tidur, jadi kalau tanpa tidur tahun depan saya minta bisa 3 hari?,” canda Sri Mulyani.

‎”Insya Allah Bu,” balas Mulyadi.

Di akhir perbincangan, Sri Mulyani juga tak lupa mengapresiasi apa yang dilakukan Mulyadi serta para pegawai Kemenkeu lainnya yang sudah bekerja dengan baik.

“Terima kasih ya Pak, terima kasih Pak Mulyadi atas pengabdiannya,” tandas Sri Mulyani.