Kemenpar Tebar Pesona di DEMA Show Orlando

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) makin agresif mempromosikan wisata diving Indonesia ke dunia internasional. Kali ini, Kemenpar akan ambil bagian dalam The Diving Equipment and Marketing Association (DEMA) Show di Orlando, Amerika Serikat (AS), pada 14 November 2017.

DEMA Show menjadi event tepat untuk menggaungkan pamor destinasi selam Indonesia ke tingkat global. Pasalnya, DEMA Show merupakan pameran internasional tahunan untuk industri selam, olahraga air, dan industri perjalanan.

Pameran tersebut sekaligus menjadi ajang reuni yang sangat dinantikan para divers dan instruktur divers dari seluruh dunia. Kemenpar pun memiliki misi besar dalam event itu, yakni meningkatkan jumlah kunjungan turis asal AS hingga 360 ribu orang.

Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Mancanegara I Gde Pitana, mengatakan bahwa timing pagelaran itu sangat pas. Sebab, puncak kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) Amerika ke Indonesia adalah pada liburan musim dingin atau Desember.

“Biasanya, mereka pelesiran ke negara yang lebih hangat. Salah satunya kawasan Asia Tenggara. Nah, kebetulan momentum endorser Barack Obama (mantan presiden AS) datang ke Indonesia juga masih sangat terasa. Kami manfaatkan ini dengan maksimal, ujarnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya, mengatakan bahwa Kemenpar akan menempati Paviliun Kemenpar seluas 600 meter persegi.

Kami akan hadirkan 20 industri pariwisata, satu maskapai (Singapore Airlines) dan Pemerintah Kota Manado, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Papua Barat,” ucapnya.

Nia menambahkan, Papua Barat akan menyewa 25 booth dengan luas 234 meter persegi.

“Kami bantu fasilitasi dekorasi serta meja dealing dan perlengkapannya,” kata dia.

Nia menjelaskan, Kemenpar fokus mempromosikan sepuluh spot diving utama di Indonesia, yakni Bali, Lombok, KomodoLabuhan Bajo, Alor, Bunaken