Kronologi Pengajuan Izin Alexis yang Akhirnya Ditolak Pemprov DKI

Dari data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta disebutkan, surat permohonan tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) Alexis sudah masuk pada 14 Oktober. Kemudian dua hari setelahnya, surat pengajuan perpanjangan Griya Pijat dilayangkan pada 16 Oktober 2017. Pengajuan dilakukan melalui situs pelayanan jakarta.go.id.

Fakta tersebut menunjukkan surat pengajuan dilakukan sehari sebelum Djarot menanggalkan jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Mantan Wali Kota Blitar itu resmi menyelesaikan masa jabatannya sebagai orang nomor 1 DKI pada 15 Oktober 2017 dini hari.

Kemudian setelah Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, proses permohonan Alexis pun dihentikan. Anies menilai langkah tersebut sudah menjadi komitmennya dalam memenuhi janji Pilkada DKI.

“Seperti kita sampaikan dalam masa kampanye, kita mengambil sikap tegas dan kami mengambil keputusan untuk tidak melanjutkan izin usaha mereka dari Pemprov DKI,” tegas Anies di Balai Kota Jakarta, Senin 30 Oktober 2017.

Surat tidak diperpanjangnya izin usaha Alexis ditandatangani sejak Jumat, 27 Oktober. Anies menegaskan tidak boleh lagi ada kegiatan di tempat yang tidak memiliki izin operasional.

“Jadi kalau ada kegiatan, sudah tidak lagi legal,” jelas Anies.