Ritual Khusus Perias Kahiyang Ayu Sebelum Pernikahan

Tekateki siapa perias yang akan merias saat pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution terjawab sudah. Bahkan, untuk merias putri Presiden Jokowi, perias gaek Ibu Endang Soendari Soemaryono melakukan ritual khusus.

Perias pengantin yang akrab disapa Bu Maryono itu mengaku melakukan ritual untuk persiapan merias Kahiyang Ayu untuk pernikahannya pada Rabu (8/11/2017).

“Otomatis ada ritual dan laku khusus,” kata dia kepada wartawan di Graha Sabha Buana Solo, Senin 30 Oktober 2017.

Ketika didesak seperti apa laku ritual tersebut, Maryono pun mengungkapkan jika dirinya harus melakukan laku prihatin dan menjalani puasa SeninKamis.

“Pokoknya kita tidak lepas untuk selalu memohon kepada Allah SWT. Sedangkan untuk puasa SeninKamis itu telah dilakukan selama bertahuntahun. Tidak ada pengantin pun tetap puasa,” bebernya.

Laku prihatin tersebut, menurut dia, tidak hanya dilakukan saat akan merias putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution, tapi juga kepada siapa saja yang akan menikah dan menggunakan jasa meriasnya.

“Siapa pun yang akan kita rias, saya selalu melakukan prihatin serta melakukan puasa SeninKamis,” ujar perias yang kini berusia 80 tahun.

Seperti diketahui, Maryono dipilih keluarga Presiden Jokowi untuk merias Kahiyang Ayu pada pernikahannya. Perias gaek itu akan merias putri Presiden Jokowi dan pasangannya di semua prosesi acara pernikahan, mulai dari siraman, midodareni, ijab panggih, dan resepsi.