Harga Cabai dan Bawang Merangkak Naik Sepekan Terakhir

Harga sejumlah jenis sayuran naik dalam sepekan terakhir. Kenaikan tersebut salah satunya disebabkan oleh penurunan pasokan akibat kendala cuaca.

Rahayu (38), salah satu pedagang sayuran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengatakan, dalam sepekan terakhir, kenaikan harga terjadi pada cabai, bawang merah, dan bawang putih.

“Cabai seminggu ini lagi naik, hampir semua (jenis) naik. Tapi naiknya bedabeda,” ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (3/11/2017).

Untuk cabai merah keriting contohnya, mengalami kenaikan Rp 5.000 dari sebelumnya Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 35 ribu per kg. Selain itu, cabai rawit merah naik Rp 3.000 dari sebelumnya Rp 23 ribu menjadi Rp 26 ribu per kg.

Hal yang sama juga terjadi pada dua jenis bawang, yaitu bawang merah dan bawang putih. Untuk bawang merah mengalami kenaikan dari Rp 28 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg. Adapun bawang putih naik Rp 3.000 dari Rp 25 ribu per kg menjadi Rp 28 ribu per kg.

“Cabai yang naik paling tinggi, itu seminggu ini bisa naik Rp 5.000. Tapi harganya sebenarnya masih normal, enggak sampai di atas Rp 50 ribu kaya waktu itu. Ini masih normal,” kata dia.

Sementara untuk jenis sayuran lain, Rahayu menyatakan mayoritas harganya masih stabil. Namun, menurut dia, tidak menutup kemungkinan ada sayuran yang juga akan mengalami kenaikan jika pasokannya tidak terjaga dengan baik.

“Kalau yang lain masih stabil. Pasokannya juga masih lancar. Belum ada yang langka. Tapi kalau pasokannya kurang ya biasanya harga naik,” tandas dia.