Persija Permalukan Bhayangkara FC pada Pesta Juara

Bhayangkara FC gagal melengkapi pesta juara Liga 1 2017 setelah kalah dari Persija Jakarta 12, pada pekan terakhir Liga 1, Minggu (12/11/2017) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Dua gol Persija diborong Ramdani Lestaluhu, sementara gol Bhayangkara FC dicetak oleh Ilija Spasojevic.

Bhayangkara unggul saat laga baru berjalan tiga menit lewat sepakan Ilija Spasojevic setelah memanfaatkan umpan mendatar Paulo Sergio. Ini menjadi gol ke12 Spaso untuk Bhayangkara pada musim ini.

Duel kedua tim berjalan ketat meski laga itu tak berpengaruh pada hasil akhir, di mana Bhayangkara FC sudah resmi menyandang gelar juara. Namun bagi Persija, kemenangan menjadi harga mati untuk menutup musim ini dengan manis di depan ribuan The Jakmania yang memenuhi Stadion Patriot.

Setelah tertinggal, Persija berbalik menyerang. Tim Macan Kemayoran menyamakan kedudukan menjelang babak pertama berakhir lewat tendangan keras Ramdani Lestaluhu dari luar kotak penalti.

Babak kedua, duel semakin sengit. Kedua tim saling berbalas serangan. Persija terpaksa bermain dengan 10 orang setelah Sandi Suthe dikartu merah setelah melakukan tekel terhadap Firly Apriansyah.

Momen unik terjadi pada menit ke68 ketika Ilham Udin melakukan penetrasi dari sektor kiri lini serang Bhayangkara FC. Ilham sempat berebut bola dengan Andritany yang tampil layaknya libero dengan meninggalkan area gawangnya. Hingga menit ke70, kedudukan masih 11.

Bhayangkara FC mengurung pertahanan Persija pada 20 menit terakhir. Anak asuh Simon McMenemy tampil semakin agresif dan membuat Persija menumpuk pemain di sektor belakang.

Paulo Sergio hampir saja membuat Bhayangkara unggul andai bola hasil tendangannya tak melenceng di sisi kanan gawang Andritany. Tak berselang lama, Persija melakukan serangan balik. Sayang peluang yang didapat Bruno Lopes belum menghasilkan gol.

Bhayangkara hampir saja membobol gawang Andritany saat kiper Timnas Indonesia keluar dari sarangnya. Bola didapat Dendi Sulistiawan, namun bola hasil tendangan mantan pemain Persela itu mampu ditepis Gunawan Dwi Cahyo.

Persija memanfaatkan momen itu untuk melakukan serangan balik cepat. Ramdani Lestaluhu membuat Persija unggul 21 setelah melewati Sahrul Kurniawan. Ramdani melepaskan tendangan tipuan saat menggiring bola di depan kiper Awan Setho.

Bhayangkara FC akhirnya harus merelakan kekalahan 12 dari Persija, sekaligus merusak pesta juara mereka di kandang. Kendati begitu, Bhayangkara tetap menyandang gelar juara setelah mengumpulkan 68 poin. Bali United yang meraih poin sama berada di posisi kedua karena mereka kalah head to head dari Bhayangkara.