6 Jurus Ampuh agar Makin Produktif Bekerja di Rumah

Sejatinya bekerja di rumah maupun di kantor tantangannya sama. Harus tetap fokus, bisa menyelesaikan tugas sesuai tenggat waktu, serta lancar berkomunikasi dengan kolega. Akan tetapi, tantangan itu lebih akan lebih terasa berat bagi mereka yang kerja di rumah.

Mengapa demikian? Karena distraksi yang muncul saat Anda kerja di rumah tentu lebih banyak daripada di kantor. Selain itu, tidak ada atasan yang mengawasi kerja Anda, jadi Anda pasti lebih leluasa santaisantai kerjanya.

Membangun ruang kerja guna meminimalisir distraksi mungkin bisa jadi solusi. Tapi, apakah hal itu bisa membantu Anda menghadapi distraksi dari Internet? Misalnya, notifikasi di medsos atau situssitus favorit Anda.

Khusus untuk yang sering kerja di rumah, ada enam tips yang wajib Anda ketahui untuk meningkatkan produktivitas. Berikut ulasannya dari DuitPintar.com:

1. Tetap fokus dengan bantuan tiga aplikasi ini

Seperti yang disebutkan di atas, distraksi yang muncul lewat internet bisa mengganggu Anda untuk tetap fokus. Sebaliknya, terlalu fokus bekerja dan lupa istirahat juga tidak baik untuk kesehatan. Agar urusan kerja dan istirahat jadi seimbang, manfaatkan saja tiga aplikasi ini:

a. RescueTime

RescueTime bisa memberikan laporan soal berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk suatu kegiatan di komputer saat offline maupun online. Anda bisa tahu berapa lama Anda main game, surfing Internet, dan bekerja.

Laporan penggunaan komputer Anda pun bakal tercatat dan Anda bisa menilai sendiri seberapa produktif Anda dalam bekerja di rumah. Kalau ternyata Anda terlalu banyak main game, maka maka besok bisa uninstall saja game tersebut agar fokus kerja.

Oh ya, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, asalkan Anda pakai versi Lite. Kalau versi premiumnya akan terkena biaya langganan US$9 per bulan.

b. Self Control

Aplikasi ini bisa digunakan oleh pengguna MAC atau PC (lewat Chrome Extension). Fungsinya adalah untuk memblokir seluruh situs yang Anda anggap sebagai distraksi. Situs yang dimaksud bisa saja media sosial atau blogblog yang Anda subscribe, jadi tak akan ada notifikasi yang muncul saat Anda kerja.

c. Time Out

Kalau yang ini berfungsi untuk mengingatkan Anda beristirahat dari aktivitas seharihari. Biasanya kalau keasyikan kerja, kita sering lupa makan. Nah, install saja aplikasi ini agar hidup lebih seimbang.