Airbus dan Boeing Cetak Rekor Penjualan di Dubai Air Show

Di hari kedua perhelatan Dubai Air Show dua perusahaan pembuat pesawat, Airbus dan Boeing, mampu mencetak rekor penjualan terbesar. Secara keseluruhan dua perusahaan penerbangan ini mampu membukukan kesepakatan senilai US$ 76,5 miliar.

Airbus mengumumkan rekor pembelian tunggalnya pada pagi tadi. Perusahaan asal Prancis ini meneken kesepakatan US$ 49,5 miliar dengan Indigo Partners untuk membeli 430 pesawat jenis A320 Neo.

Kesepakatan yang diteken Airbus dengan Indigo Partners ini menambah jumlah pemesanannya dua kali lipat dari yang sebelumnya dalam pembelian pesawat A320. Grup asal Amerika Serikat ini memiliki empat maskapai penerbangan taraf rendah (low cost carrier) yakni Wizz Air (Hungaria), Frontier Airlines (AS) JetSMART (Chili) dan Volaris (Meksiko).

Boeing juga tidak mau kalah. Seperti dilaporkan Gulftoday.com, Jumat (17/11/2017), perusahaan penerbangan asal Negeri Paman Sam ini mencatatkan kesepakatan rekor US$ 27 miliar atas pembelian 225 pesawat jenis 737 MAX oleh maskapai Flydubai.

Kesepakatan besar lain yang diteken adalah saat Boeing akan menjual 40 pesawat unit 78710 senilai US$ 15,1 miliar kepada The Emirates Group. Boeing akan melakukan pengiriman pesawat tersebut mulai tahun 2022 mendatang.

Selain itu, Boeing akan melakukan kesepakatan dengan Azerbaijan Airlines. Maskapai ini akan memesan 5 unit pesawat 7878. Serta, rencana untuk memesan dua freighter dari Boeing. Secara keseluruhan, nilai transaksi ini mencapai US$ 1,9 miliar.

Boeing juga akan menandatangani kontrak dengan Ethiopian Airlines. Maksapai ini akan membeli 4 pesawat kargo senilai US$ 1,3 miliar. Pengiriman pesawat akan dilakukan pada tahun 2018tahun 2019.

Di tengahtengah berlangsungnya acara tahunan Dubai Air Show, persaingan pemesanan pesawat Boeing dan Airbus mampu menjadi topik terhangat sepanjang event.

Sepanjang tahun ini, Boeing telah memenangkan sekitar 65 persen dari pemesanan baru ditempatkan secara global. Emirates telah menjadi pelanggan terbesar Boeing A380 dengan pembelian sebanyak 142 buah.