Pengamanan Asian Games 2018 Akan Dioptimalkan

Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir Badan Pengawas Tenaga Nuklir Dedik Sumargo mengatakan pengamanan Asian Games XVIII pada 2018 harus dioptimalkan. Ini guna mengantisipasi terhadap berbagai ancaman yang bisa saja terjadi.

“Ancaman keamanan bagi peserta Asian Games bukan saja hanya dalam bentuk nyata atau yang terlihat saja, tapi juga terhadap bahaya adanya radiasi,” kata Dedik usai rapat koordinasi pengamana Asian Games 2018 dan rencana dukungan bahaya nuklir di Palembang, Kamis (16/11/2017), seperti dinukil Antara.

Menurut Dedik, pesta olahraga seAsia tersebut bisa saja dijadikan target kejahatan, termasuk menggunakan bahan nuklir dan radioaktif. “Apalagi ancaman radioaktif tidak bisa dilihat sehingga harus selalu diwaspadai,” ujarnya.

Pihaknya berencana bekerja sama dengan agen Internasional Atomic Energi dalam menerapkan sistem dan tindakan keamanan nuklir dalam kegiatan pesta olahraga yang akan diikuti para atlet dan ofisial dari 45 negara tersebut.

Dia mengatakan, kerja sama dan peran aktif dari seluruh pemangku kepentingan dalam Asian Games sangat dibutuhkan supaya kegiatan tersebut berlangsung sukses.