Susul Amazon,

Raksasa internet Tiongkok, Baidu, akhirnya kian serius terjun ke bidang pengembangan kecerdasan buatan. Hal itu dibuktikan dengan langkah perusahaan untuk memperkenalkan speaker pintar pertamanya.

Namun, perusahaan yang kerap disebut sebagai Googlenya Tiongkok ini mengambil langkah yang berbeda. Sebab, Baidu merilis speaker pintar dengan desain berbeda dari kompetitor yang menonjolkan tampilan elegan.

Alihalih tampil satu warna seperti kebanyakan produk serupa, speaker besutan Baidu ini hadir lebih berwarna. Tak hanya itu, desain yang diusung speaker ini mirip dengan balok permainan bongkar pasang.

Bahkan, seperti dikutip dari Tech Crunch, Jumat (17/11/2017), bagian atas dari speaker pintar bernama Raven H ini dapat dilepas. Baidu juga menyisipkan kontroler berupa layar sentuh LED.

Perangkat ini dipersenjatai oleh platform suara DuerOS termasuk Raven, startup yang baru saja diakusisi Baidu awal tahun ini. Teenage Engineering dari Swedia juga turut membantu pengembangan perangkat dari sisi desain.

Menurut rencana, speaker ini akan mulai dijual bulan depan di Tiongkok dengan harga 1.699 yuan atau sekitar Rp 3,4 juta.

Meski tak ada informasi resmi seputar penjualan global, Teenager Engineering menyebut tak menutup kemungkinan perangkat ini ke luar Tiongkok di masa yang akan datang.

Selain Raven H, Baidu sebenarnya juga memperkenalkan dua robot berbasis kecerdasan buatan diberi nama Raven R dan Raven Q. Akan tetapi, belum ada informasi lebih lanjut seputar dua robot tersebut.