Gara-Gara Malware, Aplikasi Senter Curi Uang Pengguna Android

Sekadar diketahui, mulanya banking trojan tersebut menentukan aplikasi apa yang diunduh oleh pengguna. Begitu malware itu menemukan kecocokan dengan aplikasi yang dimaksud, malware berbahaya ini akan langsung menginfeksi dan meminta hak admin kepada user. Malware ini bakal langsung menampilkan aplikasi perbankan.

Sayangnya, autentikasi dua faktor tidak mampu melindungi pengguna dari serangan ini. Pasalnya, banking trojan termasuk perangkat lunak yang dapat mengakses pesan teks dan menggunakan kredensial dari pesan tersebut untuk mentransfer uang di akun pengguna.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melindungi dari malware tersebut. Pertama, jangan unduh aplikasi senter, terutama kalau aplikasi tersebut memiliki rating rendah.

Kedua, jika kamu menyadari ada halhal aneh pada aplikasi perbankan kamu, lebih baik uninstall, kemudian hubungi bank yang bersangkutan.

Kamu juga sebaiknya menghindari untuk mengunduh aplikasi dari sumber tak jelas. Selain itu, kamu harus curiga saat sebuah aplikasi senter meminta izin untuk mengakses pesan teks, karena keduanya tidak berhubungan.

Sekadar diketahui, sejauh ini malware tersebut telah ditemukan di Amerika Serikat, Australia, Jerman, Belanda, Prancis, Polandia, Spanyol, Portugal, Turki, Yunani, Rusia, Republik Dominika, Singapura, dan Filipina.