Jelang Uji Coba, Menhub Inspeksi Jalur KA Bandara

Sebelumnya, PT KAI menargetkan operasi komersial Kereta Bandara Soekarno Hatta awal tahun depan. Namun, KAI belum menyampaikan secara rinci waktu operasi komersial tersebut.

Direktur Keuangan KAI Didiek Hartantyo mengatakan, perseroan akan merampungkan pembangunan infrastruktur kereta pada 25 November ini. Selanjutnya, perseroan akan melakukan uji coba pada Desember 2017.

“Kita pokoknya akan selesaikan infrastruktur di bulan ini ya, tanggal 25 ini. Pokoknya infrastruktur sudah nyambung. Baru nanti akan mulai soft operation nanti menunggu sertifikasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub),” kata dia di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu 22 November 2017.

Dia menegaskan, uji coba pada Desember 2017. Sementara, operasi komersial awal 2018. “Desember soft operation ya, belum komersial,” ujar dia.

Terkait tarif, dia mengatakan hingga saat ini belum ditetapkan. Namun, dia menuturkan, berdasarkan kajian awal, sekitar Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu. “Belum ditetapkan, tapi kajian antara Rp 75Rp 100 ribu,” tutup dia.

PT Railink telah siapkan 10 trainset KA Bandara SoekarnoHatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya. KA Bandara ini ini dilengkapi berbagai fasilitas yang ada di stasiun dan selama perjalanan. Satu trainset terdiri dari enam kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang.

“KA Bandara SoekarnoHatta ini nantinya akan melayani penumpang di lima stasiun, yaitu: Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara SoekarnoHatta. Namun, pada awal operasional, kami akan melayani penumpang di dua stasiun terlebih dahulu, yaitu Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara SoekarnoHatta, sedangkan ketiga stasiun lainnya sedang tahap pembangunan,” ungkap Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto.

Selain itu, Heru menuturkan, untuk pemesanan tiket KA Bandara SoekarnoHatta, pihaknya telah mengembangkan sistem sendiri dengan nama Airport Railways Ticketing System (ARTS). Transaksi tiket dilakukan secara nontunai melalui mobile aplikasi, internet booking, dan vending machine.