Lutut Juga Bisa Masuk Angin?

Anda mungkin pernah merasa lutut sulit untuk ditekuk. Padahal, Anda tidak melakukan aktivitas berbahaya atau terkena cedera.

Jika memaksakan ditekuk, Anda akan merasa kesakitan dan nyeri. Saking nyerinya, Anda akan menghindari posisi yang memungkinkan lutut harus ditekuk. Misal, berjongkok atau duduk dengan menekuk lutut di lantai.

Lantas apa yang menyebabkan lutut sulit ditekuk? Kesulitan menekuk lutut ternyata bukan disebabkan pegalpegal atau penyakit tertentu lain. Tapi lutut juga bisa masuk angin.

“Itu karena angin yang masuk. Lutut tak bisa ditekuk, tidak berhubungan juga dengan bobot tubuh yang mungkin gemuk. Yang mengakibatkan kaki harus menopang tubuh dengan berat. Bukan karena itu juga. Tapi karena ada angin yang masuk,” kata Prianto Halim, terapis pijat kesembuhan saat ditemui di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta pada Jumat (24/11/2017).

Masuk angin ini berujung pada penyumbatan aliran darah yang mengalir di lutut. Otot di lutut tidak rileks. Aliran darah yang lancar akan membuat lutut bisa ditekuk.