Segarkan Mata dengan Cukur Kelopak Mata, Berani?

Seorang tukang cukur di Chengdu, Tiongkok menawarkan jasa membersihkan dan menyegarkan mata dengan mengerik bagian dalam kelopak menggunakan pisau cukur.

“Anda harus hatihati, sangat berhatihati,” ujar Xiong Gaowu. Dia telah mempraktikkan hal itu di tepi jalan sejak beberapa waktu dan orangorang sekitar mengakui kepiawaiannya.

Xiong Gaowu membersihkan selaput yang menutup kelenjar minyak di tepi kelopak mata dengan pisau cukur. Kelenjar tersebut berfungsi melembapkan mata.

Meski terdengar agak menyeramkan, praktik ini bukan sesuatu yang baru karena merupakan sebuah tradisi di Tiongkok. Warga berusia lanjut tak melihat tradisi itu sebagai sesuatu yang mengerikan. Sebaliknya, mereka merasa terbantu setelah menggunakan jasa Xiong.

“Tidak, itu tidak berbahaya,” ujar Zhang Tian, 68 tahun. “Mataku terasa kembali segar setelah dicukur dan aku merasa nyaman,” ujarnya, mengutip laman New York Post, Senin (27/11/2017).

Xiong yang kini berusia 62 mempelajari teknik mencukur kelopak mata sejak tahun 1980an. Kini dia bisa melayani hingga delapan pelanggan per minggu. Untuk jasanya itu Xiong memasang tarif 80 yuan atau setara Rp160 ribu.

“Awalnya terasa sulit. Tapi kemudian menjadi sangat mudah,” ucap Xiong.