Foxconn Setop Pekerjaan Lembur Ilegal di Pabrik iPhone X

Pada awal pekan ini, sebuah laporan dari Financial Times menyebutkan ada enam pelajar dari Zhengzhou Urban Rail Transit School mengklaim telah dipaksa bekerja lembur di pabrik perakitan iPhone X milik Foxconn di Tiongkok. Pabrik itu merakit lebih dari 1.200 unit kamera iPhone X setiap hari.

Foxconn dalam pembelaannya mengatakan bahwa para pelajar itu dibayar untuk bekerja lembur di pabrik iPhone X. Namun, Foxconn mengakui para pelajar yang bekerja lembur memang melanggar kebijakan perusahaan itu sendiri.

Membuat para pelajar bekerja lebih dari 40 jam dalam sepekan merupakan tindakan ilegal di Tiongkok. Padahal, mereka seharusnya bekerja sesuai dengan persyaratan yang sah jika ingin direkrut setelah lulus sekolah.

Pihak Apple sebelumnya mengakui memang ada pelajar yang bekerja lembur secara ilegal di pabrik Foxconn. Namun menurut perusahaan asal Negeri Paman Sam itu, para pelajar tersebut bekerja secara sukarela.

“Mereka bekerja secara sukarela dan mendapatkan kompensasi, serta menerima keuntungan,” tulis pihak Apple dalam pernyataannya.