Smartphone Pertama dengan Termometer Bakal Segera Dirilis?

Perusahaan teknologi Korea Selatan CrucialTec barubaru ini meluncurkan modul sensor termometer berukuran mikro yang bisa dipasang di smartphone.

Berdasarkan laporan Herald Korea, perangkat tersebut mampu mengukur suhu tubuh seseorang dalam waktu 0,5 detik menggunakan aplikasi yang terhubung dengan smartphone tersebut.

Sejauh ini memang sudah banyak aplikasi smartphone yang mengklaim bisa menjalankan fungsi termometer tubuh, kendati begitu kemampuan tersebut masih berupa gimmick semata.

Dikutip dari Gizmochina, Selasa (28/11/2017), modul termometer yang dibesut itu menggunakan sistem microelectromechanical yang terintegrasi dan dinamai iMEMS.

Dengan modul ini, perangkat akan mampu mengukur suhu tubuh manusia atau benda lain yang memiliki suhu antara 40 hingga 200 derajat Celcius.

Tidak disebutkan apakah modul ini mampu mengukur suhu tubuh hewan. Namun, karena suhu hewan berada di kisaran suhu yang bisa diukur, suhu tubuh hewan mungkin juga bisa diukur dengan modul tersebut.

Disebutkan pula, panas pada smartphone itu sendiri tidak akan mengganggu pengukuran suhu pada tubuh manusia atau benda yang diukur. Adapun sensor termometer dilekatkan di bagian dalam smartphone dan ke luar melalui modul di kover belakang.