Berapa Cangkir Kopi per Hari yang Aman Buat Perut?

Secangkir kopi hangat seolah telah jadi tradisi pagi hari sebagian besar orang di seluruh dunia. Minuman berwarna hitam itu memang jadi salah satu minuman paling populer. Laman Quartz mewartakan, lebih dari dua miliar kopi per hari dikonsumsi di seluruh dunia.

Bicara mengenai konsumsi kopi, minuman ini memang memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. Kandungan kafein dalam kopi memberi lonjakan energi, meningkatkan fungsi paru, membantu metabolisme glukosa di pencernaan, meningkatkan performa ketika berolahraga, hingga digunakan untuk mengatasi migrain.

Namun kemudian pertanyaannya, berapa banyak asupan kopi per hari yang bisa mendatangkan manfaat dan tak berbahaya bagi kesehatan?

Studi terbaru yang dilakukan oleh University of Southampton menemukan, konsumsi kopi hingga empat cangkir per hari bisa memberi manfaat kesehatan. Studi yang diterbitkan dalam British Medical Journal tersebut mengalisis 220 studi kopi yang ada.

Terlalu banyak minum kopi dalam sehari juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, dalam studi terbaru tersebut peneliti meyakini bahwa keseluruhan manfaat yang didapat minum kopi lebih besar dibandingkan risiko buruk yang mungkin ditimbulkan, melansir laman New York Post, Kamis (30/11/2017).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *