Jasa Marga Akui Pendapatan Bertambah Usai Tarif Tol Naik

Kenaikan tarif lima ruas jalan tol mulai 8 Desember 2017 akan meningkatkan pendapatan PT Jasa Marga (Persero), yang akan digunakan untuk meningkatkan pelayanan.

Sekretaris Perusahaan PT Jasa Mara Agus Setiawan mengatakan, kenaikan tarif tol sudah masuk dalam rencana perusahaan. Pasalnya, setiap dua tahun ruas tol mengalami penyesuaian berdasarkan acuan inflasi.

?”Kenaikan tarif tol itu sudah berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Pasal 48. Nah, besaran kenaikan tarif ini berdasarkan laju inflasi selama dua tahun,” kata Agus, di Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Namun, dia enggan mengungkapkan besaran kenaikan pendapatan usai kenaikan tarif tol di ruas tol kelolaan perusahaan.

“Jadi kalau ini berpengaruh pasti ada pengaruh (keuangan perusahaan). Pengaruhnya sudah kita perkirakan besarannya, karena parameter kan jelas, tidak ada parameter kenaikannya selain inflasi,” tutur Agus.

Dia hanya memastikan kenaikan tarif tol tersebut akan b?erpengaruh pada peningkatan pelayanan. Jasa Marga sudah merencanakan pengembangan fasilitas, seperti penambahan jalur dan penerapan sistem integrasi.

“Apakah penambahan pemasukan berpengaruh ke kualitas pelayanan? Pasti. Nah, di bisnis kami perkiraan ada pemasukan dari kenaikan tarif sekian dan kami juga rencanakan program peningkatan pelayanan ini apa,” tutur Agus.

?Adapun lima ruas tol yang mengalami kenaikan tarif, yakni:

1. Tol dalam kota Jakarta, Cawang – Tomang – Pluit dan Cawang Tomang Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga

?2. Surabaya – Gempol dan Kejapanan-Gempol

3. Belawan – Medan – Tanjung Morawa

4. Palimanan – Kanci.

?5. Semarang Seksi A, B dan C.

?Agus mengungkapkan, besaran kenaikan tarif dihitung berdasarkan inflasi selama dua tahun sejak November 2015 sampai 2017.

Dengan acuan tersebut maka kenaikan tarif tol 5 ruas tersebut berkisar Rp 500 hingga Rp 1.000.

“Kenaikan tarif berdasarkan inflasi, kalau dilihat rata-rata inflasi 6-7 persen selama dua tahun,” dia menandaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *