Eksfoliasi Bisa Jadi Berbahaya, Jika Anda Tak Berhati-Hati

Seperti yang Anda ketahui, eksfoliasi merupakan salah satu ritual kecantikan yang penting dan harus dilakukan. Mengapa? Sehari-hari Anda telah menggunakan makeup dan berbagai kotoran yang menempel di kulit wajah harus disingkirkan, agar kulit tidak terlihat kusam. Bagaimana caranya? Eksfoliasi.

Walaupun penting, faktanya, eksfoliasi juga bisa menjadi berbahaya jika Anda tidak melakukannya dengan benar. Dilansir dari thezoereport.com, Senin (11/12/2017), hindari beberapa hal berikut ini ketika melakukan eksfoliasi. Apa saja?

1. Tidak rutin melakukan eksfoliasi

Tujuan utama eksfoliasi adalah mengangkat sel kulit mati yang menumpuk setiap hari. Inilah mengapa eksfoliasi bisa merangsang produksi kolagen yang berfungsi mengencangkan kulit dan membuatnya tetap terlihat sempurna.

2. Terlalu sering melakukan eksfoliasi

Jika kulit Anda mengalami kemerahan atau terasa menyengat setelah melakukan eksfoliasi, ini berarti Anda melakukannya terlalu sering, kembalilah pada jadwal dua minggu sekali. Terlalu sering melakukan eksfoliasi bisa menghilangkan kelembapan dan menyebabkan dehidrasi.

Peradangan yang kronis dan berkepanjangan dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dan peningkatan hiperpigmentasi. Ketahuilah kondisi kulit Anda sendiri, sehingga kebutuhan dapat tercukupi dengan baik.

3. Anda tidak mengganti produk yang digunakan

Apa yang seharusnya bekerja sangat baik untuk kulit Anda di musim panas mungkin tidak akan memberikan hasil yang sama di musim dingin. Kulit terus berubah, begitu juga dengan rutinitas eksfoliasi yang Anda lakukan.

Jika Anda mendapati kulit wajah yang terlihat kusam, beralihlah ke produk yang lebih kuat. Namun, jika kulit terlihat bersisik, merah, atau mengalami sengatan seperti terbakar, beralihlah pada produk yang sedikit lebih lembut.

4. Melakukan eksfoliasi saat kulit berjerawat

Jika kulit wajah Anda rentan terhadap jerawat, hentikan melakukan eksfoliasi dengan scrub. Sebagai gantinya, gunakan kain yang bersih untuk eksfoliasi dan cuci secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *