Kisah Ibu Muda yang Meninggal Karena Kanker Usus

Wanita berusia 32 tahun meninggal akibat terkena kanker usus. Ibu dari tiga orang anak ini didiagnosis mengidap kanker saat menjalani pemeriksaan ultrasonogi (USG) saat mengandung anak ketiganya.

Sebelum meninggal, Nicole Yarran sempat berjuang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kanker usus dan kanker hati. Dia berharap tidak ada orang lain yang mengalami hal serupa. Kini, kampanye kesadaran tentang kanker usus dilanjutkan oleh sang ibu, Kathy Narrier, seperti dilansir dari laman Independent, Selasa (12/12/2017).

Kathy mengatakan, sebelum didiagnosis kanker, Nicole sempat merasa tidak enak badan. Selain itu, dia mengalami penurunan berat badan secara drastis, pembengkakan tubuh, sembelit serta menemukan darah di tinja.

Saat itu, Nicole segera berobat ke dokter. Namun hasil pemeriksaan mengatakan bahwa Nicole terkena irritable bowel syndrome (IBS). IBS adalah salah satu gangguan sistem pencernaan yang menyerang usus besar. Merasa ragu, Nicole akhirnya memutuskan berkonsultasi ke dokter lainnya untuk memastikan kondisi sebenarnya. Sayangnya, tidak ada satupun dokter yang melakukan pemeriksaan lanjutan kepadanya.

Saat hamil anak ketiga, barulah dokter menemukan tumor di perutnya saat melakukan pemeriksaan USG. Tidak tanggung-tanggung, dokter menemukan delapan tumor seukuran bola golf di tubuh wanita asal Australia Barat ini.

Setelah melakukan pemeriksaan lainnya pada Desember 2015, barulah Nicole didiagnosis menderita kanker kolorektal metastatik. Dia lalu mulai melakukan pengobatan tiga hari kemudian.

“Jika dokter memeriksakan lebih lanjut dan meminta sampe tinja, setidaknya penyakit tersebut bisa dideteksi sejak 2014,” kata sang ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *