Waspada, Perangkat Rumahan Pintar Bisa ‘Disandera’ Hacker

Selain itu, Rajoo juga menyampaikan prediksi lain yang tak kalah hebohnya. Salah satunya adalah serangan DDoS besar yang akan mengancam ratusan ribu perangkat IoT yang disusupi di rumah dan tempat kerja pengguna demi menghasilkan trafik.

Katanya, penjahat siber akan memanfaatkan pengaturan keamanan dan pengelolaan perangkat IoT rumahan yang lemah. Dari situ, input atau sensor perangkat tersebut juga akan diretas.

Hacker akan mengumpan audio, visual, atau input palsu lain untuk membuat perangkat melakukan apa yang diinginkan, jadi bukan apa yang diinginkan si pengguna,” tukas Rajoo.

Tak cuma perangkat rumahan dan perangkat IoT, Symantec juga mengungkap prediksi keamanan siber lainnya. Tercatat, ada 10 prediksi yang akan berlangsung di tahun depan, di antaranya: serangan rantai pasokan menjadi umum, fenomena malware tanpa kedok alias file-less yang akan semakin menjamur, perusahaan teknologi akan tetap menggunakan keamanan Security-as-a-Service (SaaS) dan Infrastructure-as-a-Service (IaaS), serta financial trojans akan terus menyebabkan kerugian lebih besar dari ransomware.

Selain itu, prediksi lainnya juga mengungkap teknologi berbasis kecerdasan buatan dan Blockchain hingga perangkat IoT yang akan menyediakan akses terus menerus ke jaringan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *