Muncul Pikiran Ingin Bunuh Diri Segera Cari Bantuan

Kematian artis seperti Jonghyun SHINee terkait bunuh diri serta tersebarnya metode bunuh diri memiliki risiko ditiru oleh penggemar yang memiliki ikatan emosional. Serta yang sudah memiliki kecenderungan depresi dan bunuh diri.

Terkait hal ini komunitas orang muda untuk pencegahan bunuh diri dan kesehatan jiwa, Into The Light, mengingatkan kepada para fans SHINee (Shawol) yang terguncang untuk tetap bersatu dan menguatkan sebagai bagian dari komunitas. Serta saling peduli dan menguatkan kondisi satu sama lain.

Lalu, bila muncul keinginan untuk bunuh diri segera hubungi tenaga profesional di bidang kesehatan jiwa. “Jika Anda memiliki pemikiran bunuh diri, jangan ragu untuk segera hubungi psikolog dan psikiater,” pesan Into the Light seperti mengutip di laman Facebook mereka, dikutip Rabu (20/12/2017).

Bila memang sulit menemui psikolog atau psikiater, coba untuk mencari orang yang bisa dipercaya dan tidak menghakimi.

“Bila sudah curhat tapi teman cenderung menghakimi, coba cari lagi teman yang lain. Ini memang tidak mudah tapi cari lagi teman yang mau mendengarkan dan tidak menghakimi,” pesan Kepala Koordinator Into The Light saat dihubungi Health-Liputan6.com, Rabu (20/12/2017).

Penggemar SHINee juga disarankan untuk berhati-hati dalam menyebarluaskan informasi dari sumber berita yang belum diketahui jelas kebenarannya. Terlebih yang bersifat mendramatisir kematian Jonghyun.

“Hal ini penting, agar tidak memicu pemikiran depresif dan kehendak bunuh diri dari sesama Shawol yang depresif,” tulis Into the Light lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *