Awas, Tidur dengan Lampu Menyala Berisiko Tinggi Terkena Kanker

Joyce Walsleben, PhD., anggota asosiasi dosen di New York University School of Medicine, mengungkapkan bahwa salah satu bahaya tidur dengan kondisi lampu menyala adalah menghambat produksi melatonin yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker dan tumor.

Hal ini dibenarkan oleh Dr. Richard G. Stevens, Cancer Epidemiologist dan profesor di Universitas Connecticut. “Melatonin butuh kegelapan, dalam gelap melatonin bangkit. Jika ada banyak cahaya pada malam hari, kurang tidur, maka kurangnya melatonin meningkatkan risiko kanker,” kata Stevens seperti dikutip dari Medicaldaily.com.

Melatolin adalah salah satu jenis enzim yang mampu menjaga tubuh dari perkembangan sel kanker dan tumor. Ketika tidur dalam keadaan lampu menyala terang, sel melatolin tidak dapat berkembang dengan baik dan produksinya akan terhambat.

Meskipun demikian, bukan berarti ketika tidur dalam kondisi lampu menyala kita akan langsung terkena kanker. Masih banyak faktor pemicu kanker dan tumor lainnya yang akan memperparah kondisi tubuh. Seperti kebiasaan merokok, meminum minuman beralkohol, dan sering mengkonsumsi makanan junkfood. Terhambatnya melatonin saat tidur dengan lampu menyala merupakan bahaya yang masih tergolong kecil, tapi jika terus dibiasakan tentunya risiko yang ditimbulkan akan semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *