MPV atau Hatchback Pakai Sunroof, Seberapa Penting?

Penggunaan sunroof untuk kendaraan berdimensi kecil di Indonesia memang masih terbilang sedikit. Kalau pun ada, sunroof biasanya terpasang di mobil berjenis sport utility vehicle (SUV), sedan, atau mobil berharga mahal.

Namun, saat ini, penggunaan sunroof sepertinya tidak lagi terbatas untuk mobil berharga mahal. Setelah KIA menghadirkan sunroof di hatchback terbarunya, Rio, kini Wuling juga menyematkan sunroof di calon MPV terbarunya, Cortez.

Dijelaskan Executive GM PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopronoto, penggunaan sunroof saat ini memang belum terlalu penting.

“Belum tentu penting, tapi dari sisi fungsi terkadang bermanfaat, dan juga dari sisi style lebih bagus juga,” ujar pria yang akrab disapa Soerjo kepada melalui pesan elektronik, Kamis (28/12/2017).

Lebih lanjut, ia menyebutkan, penggunaan sunroof memang tidak terbatas dari jenis mobil, baik itu MPV, sedan, maupun SUV. “Cocok saja, apalagi untuk yang iklimnya seperti di Eropa,” tambahnya.

Untuk diketahui, sunroof jenis kaca yang ketika dibuka salah satu sisinya akan mengangkat ke atas, sehingga menciptakan sudut. Konsekuensinya, aliran udara dapat diarahkan untuk masuk ke kabin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *