Top3 Berita Hari Ini: Pura-Pura Bisu dan Vespa Gembel

Vespa Gembel, julukan tersebut diberikan kepada sosok skuter asal Italia dengan tampilannya yang tak karuan. Padahal, Vespa memiliki desain unik dan menarik sehingga banyak disukai berbagai kalangan pecinta sepeda motor.

Namun tidak dengan Vespa Gembel. Pemiliknya kerap melakukan modifikasi ekstrim hingga dimensinya jadi tak masuk akal. Selain dibuat lebih panjang, Vespa Gembel juga dirakit ulang menjadi lebar, seperti mobil.

Parahnya, para pemilik Vespa Gembel ini sering kali melaju begitu pelan, sehingga mudah membuat kemacetan.

Nah, jika masyarakat merasa resah dengan keberadaan Vespa Gembel di jalan raya, apakah hal tersebut bisa dilaporkan ke polisi?

“Bisa mas,” singkat Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jender Royke Lumowa, kepada Liputan6.com, Rabu (27/12/2017).

Tentu saja seperti halnya unggahan @satlantaspolresgarut di akun Instagram, mereka menuliskan, “Selain menghambat arus lalu lintas, kendaraan ini dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain”.

Hal ini dikarenakan sejumlah perangkat wajib yang seharusnya dikenakan juga ikut dicopot. Sebaliknya, mereka menempeli sejumlah barang tak terpakai yang jutsru dianggap orang lain adalah sampah.

Sementara itu, Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto menyatakan, masyarakat memperbolehkan melaporkan kejadian di jalan raya. Termasuk jika Vespa Gembel dianggap biang kemacetan.

“Baik secara perorangan, kelompok dan badan hukum sesuai pasal 256 Undang-undang No 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan,” ucap AKBP Budiyanto kepada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *