Kiat Cicil Apartemen yang Keren

Lagi cari-cari hunian dengan cicilan KPR yang ringan namun lokasinya dekat dari kantor? Cicil saja apartemen! Keunggulannya, selain lokasinya yang biasanya strategis, terlihat keren, tinggal di apartemen juga nyaman karena ada banyak fasilitas yang disediakan yang bisa Anda manfaatkan.

Takut kemahalan? Pilih cicilan KPA (kredit pemilkan apartemen) yang tidak memberatkan. Tapi harus diakui, memilih produk KPA memang gampang-gampang susah. Gampang, karena segala sesuatunya serba bisa dihitung. Susah, karena kesalahan dalam memilih KPA bisa menyebabkan terkurasnya uang Anda di masa depan.

Selisih bunga 0,1% saja bisa memunculkan angka puluhan juta rupiah secara kumulatif, loh! Untuk mudahnya, Anda bisa memanfaatkan kalkulator keterjangkauan untuk simulasi hitung-hitungannya.

Nah, jika Anda benar-benar ingin tinggal di apartemen yang keren, simak cara keren cicil apartemen dari

  1. Kalkulasi besarnya dana yang dibutuhkan. Caranya dengan menghitung harga apartemen yang dipilih, dikurangi uang muka. Itulah pokok pinjaman yang diperlukan.
  2. Hitung besarnya tabungan dan harta lain yang Anda miliki. Kategorikan menurut likuiditasnya (gampang atau sulitnya dicairkan menjadi uang). Selain tabungan dan deposito, harta lain yang bersifat likuid adalah perhiasan emas, berlian, dan kendaraan. Sedangkan harta berupa tanah dan rumah, memerlukan waktu relatif lama untuk diuangkan.
  3. Bandingkan antara aset yang telah dimiliki dengan harga apartemen yang hendak dibeli. Tujuannya hanya untuk melihat besarnya kolom aset anda saat ini dan setelah apartemen dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *