Malam Tahun Baru, RS Hasan Sadikin Tambah Dokter dan Perawat

Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung menyiagakan puluhan dokter dan perawatnya pada malam pergantian tahun baru nanti. Tim dokter dan perawat tersebut akan melayani seluruh pasien di instalasi gawat darurat (IGD) yang biasanya membeludak saat malam pergantian tahun. Dalam hari-hari normal, IGD Rumah Sakit Hasan Sadikin menyiapkan sekurangnya 25 perawat beserta dokter.

Menurut Kepala IGD Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Doddy Tavianto, teknis penjagaan malam pergantian tahun baru oleh seluruh dokter dan perawat apabila terjadi peningkatan pasien yang kemudian dibagi menjadi tiga ring.

Ring pertama dijaga oleh petugas medis yang tempat tinggalnya di lokasi rumah sakit. Ring kedua oleh petugas medis yang akan bertugas pada waktu selanjutnya. Ring ketiga jika jumlah pasien yang datang sangat banyak, petugas medis dari ruang inap perawatan akan dikerahkan.

“Biasanya kan kalau pas liburan tahun baru itu kan volume (pasien) akan naik. Jadi rata – rata setiap tahunnya naik sekitar 20 – 25 persen. Terus jenis kasusnya yang paling banyak kasus kecelakaan kendaraan bermotor, terus kasus luka bakar karena petasan,” kata Doddy Tavianto di RS Hasan Sadikin, Jalan Pasteur, Bandung, Jumat, 29 Desember 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *