Mending Rumah Baru di Depok atau Rumah Bekas di Jakarta?

Bagi beberapa orang, rumah pertama sebaiknya adalah rumah yang dalam kondisi baru. Meski ada juga yang memilih rumah bekas dengan alasan harga lebih terjangkau dan lokasi strategis.

Seperti dihadapkan pada pilihan antara membeli rumah bekas di Jakarta atau lebih baik rumah baru meski berada di pinggir kota. Di Depok, misalnya. Dengan pertimbangan bujet yang dimiliki tidak lebih dari Rp1 miliar.

Berdasarkan kanal di area Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, rumah bekas seluas 50m2 dibanderol Rp800 juta. Masih di kecamatan yang sama, rumah di kawasan permukiman Kalibata dijual seharga Rp700 juta dengan spesifikasi LB 70m2 dan LT 90m2.

Sedangkan di Pondok Labu, Jakarta Selatan, rumah seken dengan dua kamar tidur dan dua kamar mandi dihargai Rp950 juta. Lain lagi di Srengseng Sawah, Jagakarsa, rumah dengan luas 92m2 dijual seharga Rp9,6 jutaan per meter persegi. Demikian seperti dikutip.

Jika ingin membeli rumah baru di Jakarta, siapkan dana paling sedikit Rp1,5 miliar untuk bisa menghuni salah satu unit rumah di Pomentia Residence, yang mematok rumah dua lantai seharga Rp1,4 miliar.

Pilihan lainnya ada Elysian Residence, yang beralamat di Jalan Joe No.10, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Klaster ini terdiri dari 67 unit rumah, dengan harga mulai Rp1,4 miliar untuk unit tipe 70.

Namun jangan khawatir, di Jakarta Utara masih ada rumah tapak yang dipasarkan Rp900 jutaan seperti Permata Gading Residence. Kompensasinya, rumah tersebut hanya memiliki luas 36 meter persegi dengan dua kamar tidur dan satu kamar mandi.

Di Jakarta bagian timur, rumah baru harga Rp700 jutaan bisa ditemui di Zhafira Town House. Unit terkecilnya itu mempunyai luas bangunan 50m2 dan luas tanah 83m2, dengan konsep hunian modern berpadu sentuhan aura klasik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *