LPAI: Cegah Anak Keluyuran di Malam Tahun Baru

Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) mengimbau orangtua untuk mencegah anak-anak keluar rumah di malam tahun baru.

Bukan tanpa alasan, menurut lembaga yang dulu dikenal dengan nama Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) ini anak-anak cenderung melakukan hal negatif agar bisa begadang menyambut tahun baru.

“Konsumsi minuman keras merupakan tradisi yang lazim dilakukan banyak orang. Terlebih pada malam tahun baru, takaran konsumsi minuman beralkohol dan jenis lainnya melonjak seketika. Pada suasana tahun baru yang identik dengan pesta semalam suntuk, anak-anak pun seakan menemukan momentum untuk mulai menjajal benda terlarang itu,” ujar lembaga yang diketuai oleh  Seto Mulyadi (Kak Seto) ini melalui keterangan pers.

Andai tidak minum minuman keras, agar tahan begadang, anak-anak bisa saja mengonsumsi minuman-minuman energi. “Padahal, walau tidak mengandung alkohol, minuman semacam itu tetap bisa berakibat buruk bagi kesehatan, misalnya karena overdosis kafein.”

Studi juga menemukan, konsumsi minuman energi di usia belia meningkatkan potensi anak muda kelak menjadi peminum minuman keras.

Perilaku-perilaku tipikal di malam tahun baru tersebut juga kerap menjadi penyebab masalah susulan: tingginya kunjungan ke unit gawat darurat rumah sakit akibat kecelakaan lalu lintas, mabuk dan keracunan, cedera perkelahian fisik, kontak seks liar dan tidak aman, perilaku tidak tertib sosial, serta insiden-insiden lain akibat menurunnya kesadaran di malam tahun baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *