Saat Dingin, Kenapa Tubuh Terasa Ngilu?

Cuaca dingin membuat sejumlah negara berada pada suhu di bawah titik beku. Anda yang sedang libur di negara yang super dingin, persiapkan pakaian yang melindungi jika ingin malam Tahun Baruan di luar. Cuaca dingin yang ekstrem bisa melakukan hal-hal ini ke tubuh.

Pendaki Selandia Baru Mark Inglis, seorang yang diamputasi ganda, menunjukkan tangannya yang sangat beku saat tiba di bandara Christchurch, setelah kembali dari Kathmandu, 25 Mei 2006 di Christchurch, Selandia Baru.

Menurut University of Maryland Medical Center, kulit dan ekstremitas yang tak tertutup, seperti tangan, kaki, hidung, pipi dan telinga, paling rentan terhadap radang dingin. Anda mungkin mengalami radang dingin jika merasa sakit atau tertusuk-tusuk yang berlanjut sampai mati rasa.

Kulit Anda akan mulai tampak pucat dan keras dengan tampilan lilin. Gejala lainnya meliputi: sensasi terbakar dan pembengkakan yang bisa berlangsung selama berminggu-minggu, lecet dan kerak seperti keropeng hitam yang berkembang berminggu-minggu setelah terpapar dengan demam yang ekstrem. Begitu kulit Anda kembali hangat, kulit Anda akan tampak memerah dari darah yang kembali ke daerah beku.

Dalam keadaan dingin yang ekstrem, tubuh Anda mendorong lebih banyak darah ke dalam inti untuk menjaga agar jantung dan paru-paru Anda tetap hangat untuk mencegah hipotermia, yaitu saat suhu tubuh Anda menurun, bukan hanya kulit Anda. Tapi kurangnya sirkulasi dan darah di ekstremitas Anda adalah penyebab pembekuan. Ada kemungkinan kristal es terbentuk di sekitar dan di dalam sel seperti dilansir Newsweek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *