Desain Headlight Bisa Timbulkan Masalah Serius, Benarkah?

Desain lampu mobil atau headlight semakin lama semakin menawan. Namun, hal tersebut tidak selamanya berakibat positif menurut Insurance Institute for Highway Safety. Demikian dilansir Autonews, Rabu (3/1/2018).

Dalam dua tahun terakhir, lembaga riset nonprofit tersebut telah menghasilkan empat penelitian yang menyebutkan kebanyakan headlight pada mobil baru tidaklah cukup memadai. Salah satunya akibat desain dari headlight itu sendiri.

Perubahan desain headlight tidak terlepas dari perpindahan teknologi dari halogen ke LED. Selain itu, teknologi pabrikan baru memungkinkan untuk mendesain headlight sesuai keinginan dengan desainer. Hanya saja, tidak semua desain headlight cahayanya terarah dengan baik, yang bisa menyilaukan pengguna jalan lainnya.

Pada musim panas lalu, berdasarkan pengujian dari 37 SUV berukuran sedang, 23 di antaranya dinilai memiliki pencahayaan yang buruk. Parameternya adalah, sejauh apa cahaya yang dihasilkan pada lampu normal dan lampu jauh di jalanan lurus maupun tikungan.

Indikator lainnya apakah cahaya yang dihasilkan termasuk berlebihan untuk pengendara dari berbagai arah.

Di tahun 2017, hanya 15 model yang mendapatkan Top Safety Pick Plus 2018. Angka tersebut berkurang drastis dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 38 model.

Penurunan tersebut karena butuhnya skor headlight yang memadai untuk mendapatkan penghargaan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *