Mourinho Tak Semata-mata Kejar Gelar di MU, tapi Juga Bangun Fondasi Sukses

Jose Mourinho menegaskan gelar-gelar juara bukanlah satu-satunya ukuran sukses. Membangun fondasi untuk klub bergerak ke arah tersebut juga sangat penting.

Manchester United belum berhasil memenangi gelar Premier League lagi sepeninggal Sir Alex Ferguson pada 2013 silam. Malah dalam empat musim berikutnya, ‘Setan Merah’ sudah amat kesulitan bersaing di papan atas dengan finis terbaik di posisi empat.

Musim ini harapan juara sudah terlihat cukup berat. Meski ada di posisi dua, MU sudah tertinggal 15 poin dari rival sekotanya yakni Manchester City di puncak klasemen.

Selepas periode Sir Alex, memang ada sejumlah gelar yang dimenangi semisal Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa. Namun trofi Premier League diyakini bakal tetap jadi ukuran sukses atau tidaknya seorang manajer di MU, termasuk untuk Mourinho.

Pria Portugal itu menekankan bahwa selain berupaya mengejar titel liga, dia juga memerhatikan aspek pembangunan fondasi tim. Jika pada akhirnya penerusnya meraih sukses besar, maka itu akan sepadan memenangi gelar-gelar dengan tangan sendiri.

“Kalau seorang manajer meninggalkan sebuah klub tanpa sukses besar, tapi menciptakan kondisi-kondisi untuk manajer yang berikutnya masuk dan memetik sukses, itu juga bagian yang sangat penting dalam pekerjaan ini,” kata Mourinho dikutip Sky Sports.

“Jadi ketika saya bekerja di klub ini, saya tak cuma bekerja untuk diri saya sendiri. Saya mencoba untuk bekerja demi masa depan klub,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *