Asteroid ‘Dewa Yunani’ Ternyata Berpotensi Mengancam Bumi

Meski NASA sudah mengumumkan tak akan ada asteroid yang bakal mendekati Bumi dalam beberapa tahun ke depan, kenyataannya masih ada satu objek yang diduga masih mengancam. Asteroid itu tak lain adalah 3200 Phaethon, atau lebih sering dijuluki asteroid ‘Dewa Yunani’.

Menurut keterangan laman Mirror, Kamis (4/1/2018), 3200 Phatthon memiliki ukuran sangat besar. Ukuran asteroid tersebut melebihi dari perkiraan para astronom.

Sebelumnya, astronom memperkirakan asteroid berdiameter tidak lebih dari 5 kilometer. Dan kini, mereka mengoreksi perkiraan tersebut.

Astronom yang bekerja di Planetary Radar di Arecibo Observatory, Puerto Rico ini menjelaskan, dari gambar asteroid yang mereka amati ukuran diameter Phaethon 3200 ternyata lebih besar 0,6 mil dari ukuran sebelumnya.

“Jadi jika dihitung, asteroid memiliki diameter 3,6 mil atau sekitar 5,8 kilometer. Bentuknya juga mirip dengan asteroid Bennu,” ujar astronom pimpinan Planetary Radar, Patrick Taylor.

Terkait jaraknya dengan Bumi, Taylor menambahkan, per 17 Desember 2017 asteroid tersebut berada pada jarak 10,3 juta kilometer dari Bumi.

Dengan jarak 10,3 juta kilometer, Taylor mengklaim jarak 3200 Phaeton merupakan jarak terdekat kedua ke Bumi di sepanjang abad ini. Dan nanti, pada 2093 mendatang, 3200 Phaethon cuma akan berjarak 3 juta kilometer dari Bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *