Seberapa Mahal Biaya Perbaikan Mobil-Mobil Mewah?

Memiliki mobil mewah dengan banderol selangit memang menjadi impian. Sebab, mobil dengan merek mewah dianggap mampu menaikan status sosial di mata masyarakat.

Namun begitu, jika Anda ingin berniat membeli mobil mewah, tentu saja harus memikirkan hal-hal lainnya mulai dari asuransi, servis dan biaya tak terduga seperti jika terjadi tabrakan. Sebab, biaya untuk jenis-jenis tersebut sangatlah berbeda dengan mobil pada umumnya alias jauh lebih mahal.

Bahkan berdasarakan data lembaga independen nonprofit di Amerika Serikat Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), mobil mewah dengan perfoma mumpuni lebih memerlukan banyak uang jika terjadi tabrakan.

Seperti halnya dilansir Carscoops, Senin (8/1/2017), berdasarkan data IIHS, mobil yang memerlukan biaya perbaikan sangat mahal jika terjadi tabrakan yaitu Bentley Continental GT. Jika rata-rata ongkos perbaikan mobil biasa sebesar US$ 390 atau sekitar Rp 5 jutaan, maka biasa untuk mobil asal Inggris tersebut mencapai 6,5 lipat lebih besar.

Masih menurut data IIHS, setidaknya ada tujuh persen Bentley Continental GT terlibat kecelakaan, ternyata klaim mobil tersebut agar seperti semula bisa mencapai US$ 35.744 atau setara dengan Rp 472 juta.

Biaya servis atau perbaikan mahal ternyata juga terjadi pada model mobil Bentley lainnya, yaitu Continental Flying Spur dan Continental GTC.

Sedangkan diurutan selanjutnya di tempat BMW i8, biasa servis mobil ini sebesar US$ 1.657 atau Rp 21,9 juta. Sementara daftar biaya mobil dengan servis termahal lainnya seperti Maserati GranTurismo, M6 Coupe, Audi RS7, BMW M3, BMW M4, dan Maserati Ghibli.

Data yang ada ini belum semua tercatat karena ada cukup banyak kecelakaan yang  tidak dilaporkan ke polisi. Sedangkan lebih dari setengah klaim tabrakan untuk kendaraan penumpang biasanya biaya yang dikeluarkan kurang dari US$ 3000 atau Rp 39 juta, atau rata-rata antara US$1.000-1.999 atau Rp 13-26 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *