Saingi Laptop Gaming, Intel dan AMD Ungkap Hardware Baru

Bicara tentang main gim di laptop, banyak pengguna yang mengharapkan gim-gim yang dimainkan berjalan dengan mulus tanpa penurunan frame rate.

Satu-satunya cara hal tersebut dapat terjadi adalah dengan menggunakan laptop dengan kartu grafis atau GPU dedicated (khusus) atau laptop gaming.

Akan tetapi, dengan berjalannya waktu, Intel nyatanya telah membuat GPU HD integrated (atau terintergrasi) yang diklaim memiliki performa setara dengan GPU dedicated.

Sayang, apa yang Intel tawarkan belum mampu membuat hardcore gamer (gamer garis keras) berpaling dari laptop gaming dengan GPU khusus terpasang di dalamnya.

Namun jika kamu ingin membeli laptop berperforma setara dengan laptop gaming yang ada saat ini, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau, laptop yang menggunakan prosesor Intel dan GPU AMD ini mungkin jadi pilihan.

Dikutip dari laman Ubergizmo, Rabu (10/1/2018), Intel telah mengungkap prosesor Intel Core 8th-gen terbaru mereka yang menampilkan GPU besutan AMD, yakni Radeon Vega M.

Dengan begini, laptop yang menggunakan kedua hardware ini di dalamnya ini tampil dengan desain yang lebih tipis dari yang biasanya.

Kabar kolaborasi dua perusahaan prosesor terbesar ini sebenarnya sudah ‘tercium’ semenjak bulan November 2017. Pada saat itu, Intel dan AMD mengklaim prosesor barunya ini akan memungkinkan performa yang lebih tinggi ketimbang seri sebelumnya.

Menurut Intel, prosesor barunya ini tiga kali lipat lebih cepat dibandingkan sistem serupa tiga tahun yang lalu, dan 40 persen lebih cepat dibandingan dengan GPU khusus yang ada saat ini.

Jikalau masih bimbang pilih laptop apa yang ingin kamu beli, mungkin ada baiknya kamu menunggu dengan sabar laptop dengan hardware Intel dan AMD ini diluncurkan resmi pada tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *