Ini Lima Bank dengan Suku Bunga KPR di Bawah 10%

Ada rencana untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah sebelum akhir bulan ini? Jangan langsung terburu-buru untuk mendatangi beberapa bank, tanpa ada persiapan dan informasi terbaru sama sekali.

Pembelian rumah melalui pembiayaan kredit perbankan kian populer dipilih orang ketika ingin membeli rumah pertama. Cukup menyiapkan uang muka sekitar 15% dari harga rumah, Anda langsung bisa menempati hunian idamannya.

Meski terlihat ringan dan mudah, namun pembelian rumah melalui skema KPR juga memiliki kekurangannya tersendiri. Salah satunya adalah ketika suku bunga meningkat dan debitur mulai kesulitan membayar angsuran yang membengkak. Akibatnya, risiko kredit macet menghantui.

Untuk itu, sangat penting melakukan perbandingan nilai suku bunga antar bank sebelum mengajukan KPR. Bank kerap kali menawarkan promo suku bunga rendah dalam rentang waktu terbatas.

Momen ini yang harus segera dimanfaatkan oleh debitur agar jumlah angsurannya menjadi lebih ringan. Dan berikut,  rangkum lima bank dengan penawaran suku bunga rendah per Januari 2018.

1. CIMB Niaga

Penawaran yang diberikan Bank CIMB Niaga melalui KPR Xtra Manfaat cukup menarik. Produk ini menghubungkan KPR dengan fasilitas rekening tabungan (bisa sampai 9 rekening), yang memungkinkan Anda membayar bunga Rp0 dan lunas lebih cepat.

Pada KPR Xtra Manfaat terdapat bagian dari pokok pinjaman yang tidak dikenakan bunga, yaitu sebesar 80% dari saldo tabungan nasabah yang terhubung. Sehingga porsi bunga dari angsuran menjadi semakin kecil atau bahkan bisa sampai Rp0.

Saat ini, Bank CIMB Niaga memberikan promo KPR berbunga rendah yaitu 8,75% flat untuk tiga tahun pertama. Atau 9% tetap untuk lima tahun pertama.

2. Bank Central Asia (BCA)

Bank BCA melalui produknya KPR BCA menghadirkan fitur baru berupa “Angsuran Terencana”. Dengan fitur ini, nasabah terutama kaum milenial, bisa mendapatkan plafon kredit yang lebih besar atau angsuran awal yang lebih ringan dibanding angsuran pada umumnya.

Dengan demikian, calon debitur bisa memprediksi berapa besar angsuran yang dibayarkan setiap tahunnya selama periode suku bunga yang dipilih.

Anda bisa mendapatkan suku bunga spesial tetap 7% selama 3 tahun pertama dan cap 8% untuk 3 tahun berikutnya (tanpa dana ditahan). Ada pula diskon provisi sebesar 50% dengan jangka waktu kredit minimal 8 tahun.

3. Panin Bank

KPR Panin adalah fasilitas kredit yang bisa dipergunakan untuk pembelian rumah, villa, ruko, rukan, apartemen, kavling dari perorangan, developer hingga agen properti dengan mudah dan aman.

Hingga 31 Januari 2018, Panin Bank mematok suku bunga KPR sebesar 6,99% selama tiga tahun pertama. Tiga tahun setelahnya, suku bunga naik tipis menjadi 7,99%.

Ada beberapa fasilitas yang diberikan dalam KPR Panin, diantaranya keleluasaan pembiayaan hingga 20 tahun, sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengatur keuangan dan besarnya angsuran setiap bulannya.

4. Bank HSBC

HSBC Home Loan memberikan fleksibilitas yang memungkinkan nasabahnya mengendalikan keuangan lewat beragam plihan suku bunga tetap, kemudahan pembayaran, pilihan take over, serta ragam pembiayaan.

Nikmati berbagai keuntungan tambahan untuk nasabah HSBC Advance, dengan penawaran suku bunga tetap kompetitif yakni:

  • 6,99% p.a. fixed 1 tahun
  • 7,99% p.a. fixed 2 tahun

Jika tertarik menggunakan KPR dari HSBC, simulasinya untuk rumah seharga Rp500 juta dengan DP 30% dan tenor 15 tahun, maka cicilan per bulan yang akan dikenakan ialah Rp3,34 juta selama dua tahun pertama.

Bila masih ragu dengan kemampuan dalam mencicil rumah, hitung simulasinya lewat Kalkulator Keterjangkauan Rumah.com.

Sementara beberapa perumahan baru dengan harga Rp500 juta diantaranya Pesona Bunga LilyCipayung Royal ResidenceCimuning Royal ResidencePuri Adhara CibinongProland CibinongDamara Village, dan Pesona Permata Insani.

5. Bank Muamalat

Berlaku hingga Februari 2018, Bank Muamalat meluncurkan produk KPR iB Muamalat dengan suku bunga setara 5% di enam tahun pertama. Setelah itu, cicilan mungkin akan naik menyesuaikan naiknya pendapatan nasabah.

Untuk tenor pembiayaan lima tahun, angsuran tahun pertama sampai ketiga setara 5%. Untuk tahun keempat dan kelima bunga akan meningkat.

Sementara untuk tenor pembiayaan 10 tahun angsuran, tahun pertama sampai keenam setara 5%. Baru setelah menginjak tahun ketujuh sampai selesai, bunga akan meningkat.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Bank Muamalat adalah mereka bisa membiayai hingga 90% dari harga jual rumah. Dengan begitu, nasabah hanya perlu menyiapkan uang muka sebesar 10% dari harga rumah yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *