Otak Sering Lemot? Ini Cara Jitu Pertajam Daya Ingat

Daya ingat merupakan salah satu kemampuan otak memaksimal kerjanya. Terlalu banyak beban pikiran dan stres, bisa membuat daya ingat jadi lambat. Hal ini tentu mengganggu produktivitas selama proses belajar maupun bekerja.

Saat belajar, orang cenderung meresapi apa yang ia lihat dengan hanya membaca dalam hati. Padahal, sebuah penelitian menunjukkan bahwa melakukan sebaliknya justru membuat daya ingat jauh lebih maksimal.

Dilansir dari The Verge, Rabu (17/1/2018), para ilmuwan melakukan penelitian kepada 75 siswa. Mereka diminta menyebutkan 160 kata dengan suara lantang. Dua minggu kemudian, seluruh siswa ini diharuskan kembali mempelajari kata-kata ini dengan berbagai cara.

Mulai dari mendengarkan rekaman suara mereka sendiri lalu membaca kata-katanya, mendengarkan orang lain, membacanya dalam hati, serta membacanya dengan suara bulat dan lantang.

Tips jitu bikin daya ingat tak lagi tumpul

Saat mereka diuji ulang dengan kata-kata yang telah dipelajari, ditemukan sebuah metode paling efektif. Sebanyak 77 persen jawaban benar dihasilkan mereka yang membaca apa yang dipelajari dengan keras dan lantang.

Membaca keras-keras mampu unggul dari metode mendengarkan rekaman kita sendiri, mendengarkan rekaman dari suara orang lain, serta membaca dalam hati.

Penelitian ini membuktikan bahwa membaca keras-keras adalah gabungan dari membaca dan mendengarkan rekaman diri sendiri. Membaca sesuatu dengan keras dihubungkan dengan berbagai pemrosesan otak yang membuatnya lebih aktif dan lebih melibatkan kita dengan apa yang telah dibaca.

Jadi, jika selama ini Anda merasa memiliki daya ingat yang lemah atau mudah pikun, tak ada salahnya mencoba metode ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *