Marsekal Hadi Serahkan Tongkat Komando KSAU ke Marsekal Yuyu

Serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) resmi dilakukan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Marsekal Yuyu Sutisna.

Acara berlangsung di Taxy Way Echo Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdana kusuma, Jakarta Timur. Dalam amanatnya, Marsekal Hadi mengucapkan selamat kepada Yuyu yang kini mengemban tugas baru.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses kepada Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang dapat kepercayaan serta amanah sebagai Kepala Staf Angkatan Udara yang baru,” ujar Hadi di lokasi, Jumat (19/1/2018).

Dirinya mengaku yakin dan percaya jika Yuyu dapat melaksanakan tugas baru yang diembannya dengan baik.

“Saya yakin dan percaya dengan background pendidikan dan pengalaman tugas yang dimiliki Marsekal mampu mengemban tugas dan kehormatan ini dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Menurut Hadi, serah terima jabatan di lingkungan TNI merupakan proses yang wajar dan alamiah. Karena, kata dia, itu adalah bagian dalam rangka upaya pembinaan organisasi dan penyegaran personel.

“Serah terima jabatan merupakan kebutuhan organisasi guna memelihara momentum performance dan tingkat kesegaran organisasi dalam mengemban tugas pokoknya,” kata dia.

Sedangkan dari sisi pembinaan personil, lanjut Hadi, hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kinerja sesuai dengan peran, tugas, dan fungsi organisasi yang harus diembannya.

Menurut Hadi, saat ini TNI menjadi salah satu institusi yang dipercaya oleh rakyat Indonesia.

“Bersama rakyat, TNI kuat tahun ini telah membumi dan melekat di hati sanubari rakyat,” jelas Hadi.

Nampak hadir saat serah terima jabatan, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono, serta Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi.

Marsekal Yuyu Sutisna sebelumnya sudah dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada 17 Januari 2018 lalu. Dia menggantikan Hadi Tjahjanto yang kini menjadi Panglima TNI.

Yuyu mendapat kenaikan pangkat dari Marsekal Madya ke Marsekal. Sebelumnya Yuyu adalah Wakil KSAU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *