Nokia Siapkan Kejutan Luar Biasa di MWC 2018

Jelang digelarnya ajang tahunan Mobile World Conggress (MWC) di Barcelona, Spanyol, berbagai informasi terkait teknologi atau perangkat baru yang diboyong oleh vendor pun mulai marak bermunculan.

Setelah Samsung mengonfirmasi peluncuran smartphone teranyarnya, Galaxy S9 dan S9+ digelaran tersebut. Kini giliran Nokia/HMD Global yang mengungkap informasi terbaru tentang perangkat mereka.

Setidaknya hal tersebut “dibocorkan” oleh Chief Product Officer HMD, Juho Sarvikas, lewat akun Twitter-nya.

Ia mengungkap, pecinta berat Nokia dapat mengharapkan sesuatu yang “luar biasa” bakal diungkap oleh perusahaan di MWC 2018 yang digelar akhir Februari 2018.

Sorry for radio silence. Been super busy planning #MWC2018 . Please expect it to be awesome ????

— Juho Sarvikas (@sarvikas) January 18, 2018

Sontak posting-an di akun Twitter ini pun membuat ‘heboh’ dunia internet, dan memperkuat dugaan banyak pihak yang menyebutkan HMD Global akan mengungkap smartphone Nokia terbaru, yakni Nokia 9.

Selain Nokia 9, ada kemungkinan HMD Global akan mengungkap Nokia 4, versi baru Nokia 7, Nokia 8 juga termasuk Nokia 3310 versi 4G. Demikian yang dikutip dari laman Phone Arena, Jumat (19/1/2018).

Tahun lalu, perusahaan mengungkap deretan smartphone terjangkau yang terdiri dari Nokia 3, 5, dan 6. Selain itu, HMD juga mengungkap pembaruan Nokia 3310 versi 2G.

Berkaca pada gelaran MWC 2017, tidak menutup kemungkinan HMD Global akan mengungkap deretan flagship smartphone dan kelas menengah yang akan meluncur di pasaran tahun ini.

Selain beberapa seri smartphone di atas, Nokia dilaporkan berencana untuk merilis Nokia 4 dan Nokia 7 Plus. Selain dua model itu, seri lain yang tak kalah menarik untuk dinantikan adalah Nokia 1.

Kabarnya, Nokia 1 merupakan bagian dari program Android Go besutan Google. Karena itu, sejumlah bocoran mengenai Nokia 1 pun telah beredar di internet beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Phone Arena, giliran penampakan dari Nokia 1 yang tampil di internet. Berdasarkan penampakan awal, desain Nokia 1 mirip dengan model lainnya yang lebih dulu rilis.

Bagian belakang smartphone ini hanya menampilkan kamera utama beserta LED Flash. Lalu, seperti biasa ada tulisan Nokia yang berada di tengah. Sekilas, desain ini mirip dengan Nokia 2.

Sayangnya, HMD Global selaku pemegang merek Nokia hingga saat ini belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai Nokia 1. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman mengenai Nokia 1 yang diprediksi akan dilakukan saat gelaran MWC 2018.

Dari sisi spesifikasi, menurut kabar Nokia 1 akan dipersenjatai RAM 1GB dan memori internal 8GB yang dapat diperluas. Sementara layar smartphone ini digadang-gadang beresolusi HD (720p), hal tak biasa yang dimiliki perangkat entry level.

Sebelumnya, HMD Global sudah meluncurkan Nokia 6 (2018) untuk pasar di Tiongkok dengan harga US$ 230 atau berkisar Rp 3 juta.

Berdasarkan lampiran spesifikasi resminya, Nokia 6 (2018) ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 630 yang memiliki kecepatan hingga 2.2GHz.

Smartphone ini dirilis dalam dua versi yakni dengan memori internal 32GB dan 64GB. Keduanya sama-sama dibekali RAM 4G. Nokia 6 (2018) hadir dengan fitur OZO audio recording, sebuah teknologi audio yang mendukung kemampuan dan menangkap audio 3D.

Spesifikasi lainnya termasuk kamera belakang 16MP, kamera depan 8MP, layar 5,5 inci dengan resolusi 1.080 piksel dan OS Android 7.1.1 Nougat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *