Instagram Kini Tampilkan “Last Seen” Pengguna

Instagram terus merilis fitur baru untuk para penggunanya. Kali ini, layanan berbagi foto dan video tersebut dilaporkan merilis fitur status aktivitas untuk pengguna aplikasi iOS dan Android.

Dilansir GSM Arena, Sabtu (20/1/2018), Instagram beberapa waktu lalu sedang menguji fitur status aktvitas tersebut pada sejumlah pengguna. Namun sekarang, semua pengguna aplikasi Instagram tampaknya sudah dapat menggunakan fitur tersebut.

Pantauan tim , fitur tersebut juga sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia. Pengguna Instagram kini bisa mengetahui kapan terakhir kali temannya menggunakan layanan tersebut. Pengguna bisa melihat status aktivitas tersebut di fitur Direct. Itu artinya, status aktivitas orang lain dapat diketahui jika kalian sebelumnya mengirim pesan kepada mereka.

Sama seperti fitur serupa pada WhatsApp, status aktivitas akan terlihat dengan keterangan “Active” yang disertai lamanya waktu terakhir kali mengakses Instagram. Misalnya, “Active 13m ago” atau “Active yesterday”. Selain itu juga ada keterangan “Active now” jika teman kalian memang sedang mengakses Instagram.

Jika kalian tidak menyukai fitur tersebut, Instagram memberikan opsi untuk menonaktifkannya. Kalian bisa mengaturnya di fitur Options, lalu pilih “Show Activity Status”.

“Fitur ini membuat akun yang kalian follow dan siapa pun yang Anda kirimkan pesan, bisa melihat waktu aktif terakhir kalian di aplikasi Instagram. Ketika fitur ini dinonaktifkan, kalian tidak bisa melihat status aktivitas akun lain,” demikian keterangan yang tertulis di Instagram.

Fitur status aktivitas ini diperkirakan merupakan salah satu persiapan untuk aplikasi mandiri Direct. Berdasarkan sejumlah laporan sebelumnya, anak usaha Facebook itu berencana memisahkan Direct untuk menjadi aplikasi pesan mandiri.

Instagram Uji Coba Aplikasi Direct Mandiri

Instagram beberapa waktu lalu dilaporkan sedang menguji coba aplikasi mandiri untuk pesan pribadi bernama Direct. Proses pengujian saat ini dilakukan di enam negara yaitu Chili, Israel, Italia, Portugal, Turki, dan Uruguay.

Aplikasi uji coba ini bisa diunduh di toko aplikasi Android dan iOS. Ketika pengguna mengunduh aplikasi mandiri Direct, maka fitur inbox yang ada di aplikasi Instagram akan hilang. Alhasil, pengguna hanya bisa mengakses semua pesan Instagram di aplikasi Direct.

Sejauh ini belum ada informasi apakah Direct akan dirilis ke seluruh dunia. Jika demikian, peluncurannya bisa membuat induk usahanya, Facebook, memiliki aplikasi pesan populer baru selain Messenger dan WhatsApp.

Pengguna Bakal Bisa Pasang Stiker GIF di Instagram Stories

Terlepas dari fitur status aktivitas dan aplikasi mandiri Direct, Instagram diyakini akan semakin menarik. Pasalnya, Stories dipastikan bakal kedatangan beberapa fitur baru termasuk stiker GIF.

Pengguna bisa memasang beragam jenis stiker GIF pada foto dan video di Stories. Untuk memanfaatkan fitur ini, Instagram juga telah bekerja sama dengan Giphy, platform penyedia gambar GIF terbesar di dunia. Jadi, fitur stiker GIF yang ada di Stories akan memanfaatkan database koleksi GIF dari Giphy.

Fitur tersebut digadang-gadang bakal menjadi paling menarik di Stories karena pengguna bisa memasang stiker GIF sesuka hati dengan tema apa pun.

Misalnya, pengguna yang menggemari grup K-pop, kini bisa memasang stiker yang berkaitan dengan tema tersebut di Stories. Begitu pun dengan tema lain, mengingat banyak ketersediaan gambar GIF di Giphy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *