Hati-hati, Rumah Berantakan Bikin Berat Badan Susah Turun

Bisa jadi Anda bertanya-tanya, apa kaitan antara menimbun barang-barang dan rumah berantakan dengan kenaikan berat badan. Kenyataannya, kebiasaan menimbun barang yang tak pernah digunakan memang berdampak pada kenaikan berat badan.

Para profesional medis percaya bahwa rumah yang berantakan, penuh timbunan barang atau bahkan sampah bukan hanya tak sedap dipandang, melainkan juga memicu masalah kesehatan. Insomnia, kelebihan berat badan, kecemasan, dan depresi bisa muncul karena rumah yang berantakan.

 

Mengutip laman Popsugar, Senin (22/1/2018), tetap menyimpan barang-barang yang tak digunakan bisa berujung pada kenaikan berat badan. Sebenarnya tak hanya menimbun barang, terus memikirkan hal-hal yang tak penting sehingga memenuhi pikiran pun bisa berdampak serupa.

Ketika rumah berantakan, bahan makanan menumpuk di kulkas, dan pikiran terasa penuh, meluangkan waktu untuk berolahraga atau bahkan duduk tenang untuk meditasi tak akan mungkin dilakukan. Anda tak akan menginginkan hal itu karena fokus telah lebih dulu terdistraksi dengan kekacauan yang terhidang di depan mata.

Ya, Anda mungkin tak menyadari atau bahkan tak percaya bahwa rumah berantakan, meditasi, dan kenaikan berat badan saling terkait. Peter Walsh, seorang organizer profesional berpendapat, stres yang muncul akibat rumah berantakan bisa meningkatkan kadar hormon tertentu yang membuat tubuh terus mengalami kenaikan berat badan. Padahal, pikiran yang tenang akan lebih mampu selaras dengan tubuh sehingga otomatis akan lebih mudah memilih makanan dan pola hidup sehat.

Solusi

Solusi untuk masalah ini sangat sederhana dan bisa segera dilakukan kapan pun Anda siap. Ya membenahi isi rumah adalah langkah sederhana untuk mengatasi hal itu. Mulailah dari ruangan yang paling mudah untuk dibersihkan dan ditata. Setelah itu lanjutkan ke ruangan berikutnya.

Selain ruangan lain di rumah, dapur juga perlu dibenahi secara berkala. Salah satu yang penting dilakukan di dapur adalah menyortir isi kulkas. Atur ulang penataan bahan makanan Anda di sana, semisal sumber protein seperti daging dan tofu bisa disimpan di satu rak yang sama. Kemudian buah dan sayuran, serta susu dan yogurt.

Bila Anda bisa melihat apa saja isi kulkas dengan mudah, Anda pun lebih mungkin untuk lebih cerdas berbelanja karena tahu apa saja yang benar-benar diperlukan.

Kondisi rumah yang rapi dan bersih akan membantu pikiran lebih ringan dan lapang untuk membuat keputusan. Bahkan keputusan sederhana seperti memilih makanan.

Perlu diingat, perubahan perlu waktu. Jadi berbaik hati juga pada diri sendiri dengan tidak memaksa untuk mengubah kebiasaan dalam semalam. Nikmati prosesnya dan lakukan sedikit demi sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *