Ini Tanggal Peluncuran Resmi Samsung Galaxy S9

Kehadiran flagship smartphone selalu dinanti-nanti setiap tahunnya. Mendekati tanggal perilisan Galaxy S9, makin banyak informasi tentang perangkat ini yang beredar di internet, termasuk kapan tepatnya Galaxy S9 diumumkan ke publik.

Terbaru, Samsung telah mengirimkan undangan peluncuran Galaxy S9 kepada media-media global. Mengutip laman Phone Arena, Kamis (25/1/2018), Galaxy S9 akan diumumkan dalam sebuah Unpacked Event pada 25 Februari 2018.

Acara itu dilangsungkan di Barcelona, sehari sebelum konferensi perangkat mobile terbesar di dunia Mobile World Congress (MWC) digelar.

Hal ini sesuai dengan waktu peluncuran lini Galaxy S dari tahun-tahun sebelumnya, sebab hanya pada Maret 2017 Samsung mengumumkan Galaxy S8 di New York, bukan sebelum MWC di Barcelona.

Sekadar diketahui, undangan yang dikirim Samsung tak menyebutkan tulisan Galaxy S9, tetapi angka 9 yang ditulis dalam warna ungu.

Terdapat tulisan “The Camera” di sebelah kiri bulatan angka 9 dan di kanannya terdapat tulisan “Reimagined”. Diperkirakan, ada sejumlah peningkatan pada kamera Galaxy S9 dibandingkan pendahulunya.

Salah satunya adalah fitur bernama variable aperture. Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah bukaan kamera 12MP dari f/1.5 ke f/2.4, tergantung dari kondisi cahaya.

 

Deretan Spesifikasi Galaxy S9

Phone Arena juga menuliskan, kamera pada Galaxy S9 mampu merekam video slo-mo 480 fps dengan resolusi 1.080 piksel (FHD). Tahun lalu, Galaxy S8 mampu merekam video slo-mo 240 fps pada resolusi 720 piksel (HD).

Secara hardware, Galaxy S9 dan Galaxy S9+ ditenagai oleh chipset Snapdragon 845. Galaxy S9 disebut-sebut hadir dengan layar Super Amoled 5,8 inci dan Galaxy S9+ hadir dengan layar 6,2 inci.

Keduanya hadir dengan kapasitas baterai berbeda, yakni 3.000mAh untuk Galaxy S9 dan 3.500mAh untuk Galaxy S9+.

 

Kantongi Sertifikat TKDN di Indonesia

Meski belum diumumkan, smartphone tersebut sudah mendapatkan sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian Indonesia.

Informasi ini tercantum pada laman Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (19/1/2017), dalam laman P3DN, tertulis sertifikat TKDN dengan nomor 146/ILMATE/TKDN/1/2018 diberikan kepada PT Samsung Electronics Indonesia.

Berdasarkan hasil penelusuran, SM-G960F adalah nomor model untuk Galaxy S9 dan SM965F untuk Galaxy S9 Plus. Informasi dari laman P3DN, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus telah memenuhi komponen TKDN 31,7 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *