Ingin Pinjam Lukisan, Donald Trump Malah Dapat Toilet Emas

Donald Trump melalui Gedung Putih mengajukan peminjaman lukisan Vincent Van Gogh kepada Museum Guggneheim, New York untuk dipajang di kediaman Donald Trump dan Melania Trump. Lukisan yang ingin dipinjamkan adalah lukisan “Landscape With Snow” yang dilukis Van Gogh pada 1888. Lukisan tersebut menggambarkan seorang pria bertopi hitam berjalan di sepanjang Arles, Prancis bersama anjingnya.

Namun, pihak museum pun menolak permintaan Donald Trump tersebut. Dilansir dari Washington Post pada Jumat (26/1/2018), pihak musem mengirimkan email respon kepada pihak Gedung Putih bahwa pihaknya tidak dapat memenuhi permintaan untuk meminjamkan lukisan Van Gogh.

Digantikan toilet emas

Sebagai gantinya, sang kurator museum mengirimkan sebuah toilet emas 18 karat yang masih berfungsi dengan baik. Ini menjadi penolakan yang cukup sopan kepada pihak Gedung Putih. Toilet emas ini merupakan sebuah karya interaktif bernama “Amerika”. Toilet ini pun dikritik oleh para kritikus karena dinilai merupakan sindiran yang ditujukan untuk kelebihan kekayaan di Amerika Serikat.

Sebelum dikirim ke kediaman Donald Trump dan Melania Trump, toilet ini digunakan untuk toilet umum di lantai museum Guggenheim. Dalam sebuah email yang diterima The Washington Post, sang kurator museum mengatakan harapannya semoga Presiden dan ibu negara tertarik untuk memasang toilet tersebut di Gedung Putih.

“Tentu saja ini akan sangat berharga dan agak rapuh, tapi kami akan memberikan semua instruksi untuk pemasangan dan perawatan,” tulis sang kurator dalam email yang ditujukan ke The Washington Post.

Tissue toilet bergambar Donald Trump

Tak hanya perihal toilet. Sebuah unggahan netizen di Twitter mengatakan bahwa musem Guggenheim juga menawarkan untuk menyediakan toilet paper bergambar Donald Trump. Tidak ada konfirmasi resmi mengenai penawarann tissue toilet, baik dari Gedung Putih maupun dari pihak museum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *