Jokowi Tak Tersinggung Diberi Kartu Kuning

Juru Bicara Presiden Johan Budi mengungkapkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak tersinggung terkait dengan aksi yang dilakukan Ketua BEM Universitas Indonesia Zaadit Taqwa di acara Dies Natalies UI ke-68 di Balairung UI, Depok, Jawa Barat pada Jumat (2/2/2018).

Zaadit sebelumnya mengacungkan ‘kartu kuning’ dengan menggunakan buku paduan berwarna kuning usai Presiden bernama lengkap Joko Widodo ini memberikan pidato sambutannya di acara tersebut.

“Terhadap aksi ini Presiden Jokowi biasa saja, tidak tersinggung,” kata Johan saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (2/2/2018).

Sebenarnya, sambung Johan, Jokowi juga dijadwalkan menerima Ketua BEM dan sejumlah mahasiswa usai acara Dies Natalis selesai dilangsungkan. Hanya saja, pertemuan tersebut batal dilakukan karena adanya aksi tersebut.

“Karena katanya ada yang mau disampaikan dari BEM UI kepada Presiden. Tapi, tidak tahu tiba-tiba saat acara di dalam, ada mahasiswa yang mengacungkan buku berwarna kuning,” ucap Johan.

Sebelumnya, Ketua BEM UI, Zaadit Taqwa diamankan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) ketika melakukan aksi nekatnya mengacungkan buku berwarna kuning di sela-sela acara Dies Natalis UI ke-68.

Usai menjalankan aksinya kepada Presiden Jokowi, Zaadit kemudian dibawa oleh tiga personel Paspampres keluar ruangan Balairung, tempat acara tersebut berlangsung.

Kartu Kuning

Kejadian ini bermula ketika Jokowi usai memberikan pidato sambutannya saat acara Dies Natalis UI ke 68 di Balairung UI, Depok, Jawa Barat pada Jumat (2/2/2018).

Terlihat salah seorang pemuda berpakaian batik dengan warna merah tiba-tiba berdiri di tengah tamu yang hadir. Kemudian ia maju hingga ke baris depan sambil mengacungkan sebuah buku berwarna kuning. Namun ketika melakukan aksinya, pemuda tersebut terlihat ditarik oleh Paspampres.

Tak berselang lama, pemuda yang diduga mahasiswa itu digiring oleh Paspampres ke belakang barisan tamu yang hadir. Lantas ia dibawa keluar oleh tiga personel Paspampres yang mengenakan jas warna hitam.

Salah seorang mahasiswa UI yang ditemui usai acara membenarkan bahwa pemuda yang diamankan tersebut merupakan mahasiswa UI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *