3 Kategori Warna Darah Menstruasi dan Artinya

Saat menstruasi, wanita tak hanya merasakan kram, kelelahan, dan aliran darah yang berat. Ketidaknyamanan juga timbul kala melihat warna darah menstruasi.

Noda darah menstruasi yang menempel pada pembalut atau seprai kerap jadi masalah yang menjengkelkan. Noda bisa tidak hilang dengan mudah. Warna noda terkadang berbeda. Darah menstruasi dapat menunjukkan kesehatan wanita yang bersangkutan.

Menurut dokter spesialis kandungan dari Nanavati Super Speciality Hospital, Mumbai, India, Gayatri Deshpande, secara umum warna darah menstruasi tidak memiliki implikasi langsung pada kesehatan seseorang.

“Tapi darah menstruasi wanita bisa memberi petunjuk soal kesehatannya. Jika ada perubahan dalam pola menstruasi, seperti aliran darah atau ada rasa nyeri tak tertahankan hingga harus terbaring di tempat tidur, ini harus dianggap serius,” katanya, dikutip dari The Health Site, Rabu (28/3/2018).

 

Ketika noda darah berwarna merah darah

Darah menstruasi biasanya berwarna merah gelap. Ketika berwarna merah darah ini biasanya menstruasi baru saja dimulai. Rahim berfungsi dengan baik untuk memastikan siklus menstruasi Anda tetap normal. Namun, warna darah menstruasi dapat berubah saat Anda memasuki periode akhir menstruasi.

Jika noda darah menstruasi menempel pada pakaian di awal menstruasi, kemungkinan noda ini akan hilang dengan mudah. Caranya dengan satu atau dua kali mencuci.

Ketika noda darah terlihat merah kecokelatan

Jika darah menstruasi merah kecokelatan, Anda tak perlu khawatir. Ini mungkin karena masa menstruasi yang datang terlambat karena aliran darah menjadi berat. Jika warna merah kecokelatan terjadi di pertengahan masa menstruasi, ini bisa menjadi indikasi, Anda mendekati akhir menstruasi.

Jenis noda ini membutuhkan waktu lama untuk hilang. Anda mungkin harus mencuci, menyikat, dan mengulangi proses tersebut beberapa kali agar pakaian bebas noda.

Ketika noda darah berwarna merah terang

Beberapa wanita yang punya masa menstruasi pendek, mungkin darah menstruasi berwarna merah terang. Jika aliran menstruasi lancar, lalu tiba-tiba melihat darah berubah dari cokelat kemerahan atau merah darah menjadi warna merah terang. Segera laporkan hal tersebut pada dokter Anda.

Beberapa penyebab perubahan warna darah bisa disebabkan penggunaan pil KB atau ketidakseimbangan hormon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *